Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, May 16, 2013

Tips SEO Dasar Untuk Blog Yang Baru Diluncurkan - Untuk Pemula

tips SEO oleh google
Blogging bukan hanya sekedar tentang menciptakan ruang online untuk diri sendiri dan memasang konten di sana tetapi lebih dari itu. Anda harus menjadi yang terbaik untuk bersaing dengan yang terbaik. Tetapi bahkan menjadi kurang penting ketika berbicara masalah pengoptimalan blog Anda untuk mesin pencari. Setalah semua dilakukan, Anda ingin konten yang baik untuk meningkatkan pembaca yang potensial kan? Kalau tidak, apa gunanya? Ini adalah bagian di mana Search Engine Optimization (SEO) masuk dalam posting ini. Kami akan membawa pembaca kepada sebuah proses dasar SEO. Inilah yang harus mereka terapkan di blog mereka semua.

Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools adalah teman Anda! Apakah Anda suka Google atau tidak, Anda wajib mendaftar ke Google Webmaster Tools (GWT). GWT pada dasarnya adalah sebuah dashboard di mana Anda tidak bisa hanya mendapatkan diri Anda diverifikasi sebagai pemilik resmi situs Anda tetapi Anda juga akan mendapatkan akses ke banyak tool, fitur, dan laporan mengenai situs Anda. Dengan GWT, Anda dapat mengubah cara Google melihat situs Anda dan bahkan menerima pesan dari Google tentang pembaharuan dan kesalahan yang ditemukan di situs web Anda.

Dengan Google Webmaster Tools Anda bisa:
  • Melihat Crawl Error, Crawl Stats, Blocked URLs Index
  • Cukup berguna untuk mengambil data website Anda dan mengirimkannya untuk diindex untuk memastikan bahwa itu diindex lebih cepat
  • Melihat search query dan internal/ external link
  • Melakukan Submitting sitemap dan masih banyak lagi

Submitting Sitemap
Hal pertama yang harus dilakukan setelah membuat website atau blog adalah untuk membuat sitemap dan mengirimkannya ke Google. Sitemap pada dasarnya adalah daftar isi blog Anda, mirip seperti daftar isi. Ini perlu dikirimkan ke mesin pencari sehingga mereka tahu konten apa yang ditemukan di blog Anda. Kami menyarankan Ana memasang beberapa konten terlebih dahulu sebelum membuat sitemap. Mungkin 10 posting di blog Anda sudah cukup untuk Anda mulai melakukan submitting sitemap.

Ketika Anda mengirimkan sitemap, search engine menggunakan data pada sitemap untuk menemukan situs Anda dan data Anda kemudian mengindeksnya. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa situs Anda tidak muncul di Google setelah Anda membuatnya. Nah, untuk memunculkan itu ke dalam mesin pencarian, Google perlu untuk mengindeks itu semua. Dan agar Google mengindeks lebih cepat maka Anda perlu mengirimkan sitemap.

Jika Anda menggunakan WordPress, maka Anda hanya perlu sebuah plugin yang disebut "Google XML Sitemap". Itu adalah proses yang sederhana dan hanya membutuhkan sedikit petunjuk sederhana.

Pantau Terus Peringkat dan Statistik Anda
Sekarang Anda adalah seorang blogger dan sudah menghasilkan konten yang baik, sudah saatnya Anda harus mulai memantau keberhasilan Anda. Memantau PageRank Anda yang keluar setiap tiga bulan. Yang terakhir adalah pada bulan Februari tahun ini. Anda juga harus memeriksa peringkat Alexa Anda. Untuk memantau statistik website Anda, Anda harus menggunakan Google Analytics.

Tips SEO Dasar
Kami telah berbagi banyak tips SEO kepada Anda di artikel-artikel kami sebelumnya. berikut ini adalah beberapa postingan yang pernah kami tulis. Silahkan Anda periksa!

Anda juga mungkin menyukai SEO Guidelines yang disediakan Google dan siap untuk Anda download:

Tips dan Panduan ini harus diterapkan dengan baik untuk mengoptimalkan situs website Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya di bagian komentar. Jika Anda menyukai postingan ini, jangan ragu juga untuk membagikan artikel ini dengan teman-teman Anda. Terimakasih :)

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.