Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Tuesday, May 7, 2013

5 Cara Ampuh Untuk Membangun Pembaca Aktif Pada Blog Anda

building active reader
Jadi Anda telah mengambil langkah pertama ke blogging dan telah menyiapkan sebuah blog (dan membeli hosting atau domain)? Jauh dari pekerjaan yang sedang dilakukan, kita baru mulai sekarang. Memang bahwa memilih topik blog, mendirikan sebuah blog, membeli custom domain dan hosting adalah beberapa bagian yang paling sulit. Tapi itu semua adalah keputusan Anda. Tahap berikutnya adalah untuk membangun website dan blog Anda setelah Anda memutuskan hal tadi. Jadi sekarang Anda telah membuat sebuah blog dan saatnya untuk membangun pembaca yang lebih banyak lagi. Kami akan menguraikannya di sini, bagaimana cara membangun pembaca aktif pada blog Anda. Silahkan Anda simak uraiannya di bawah ini.

Media Sosial
Media sosial adalah satu senjata ampuh untuk membangun dan membentuk pembaca Anda. Orang-orang sekarang tidak hanya ingin mengunjungi situs web. Mereka ingin konten untuk tampail di layar mereka sementara mereka surfing melalui news feed jejaring sosial mereka. Untuk ini Anda perlu membuat profil media sosial untuk bisnis Anda, karena Anda perlu orang untuk mengunjungi situs Anda lagi dan lagi, dan bukan hanya untuk pertama kalinya.

Google Plus
Google telah berusaha keras untuk membuat orang menggunakan media sosial yaitu Google Plus. Sekarang, sebagai pengguna internet biasa, Anda tidak memiliki minat yang besar untuk menggunakannya. Tapi sebagai blogger atau webmaster, memiliki sebuah Google Plus itu adalah suatu keharusan. Pengguna Google Plus mendapat keuntungan dalam hasil pencarian dari konten mereka yang mendapatkan +1 dari pembaca. Mereka juga mendapatkan AuthorRank yang menginformasikan PageRank, dan sebagainya. Anda dapat membuat Fan Page di Google Plus untuk blog Anda dari akun pribadi Anda.

Google Plus adalah tentang sebuah koneksi. Silahkan Anda follow yang lain sehingga mereka dapat mem-follow Anda kembali. Berpartisipasi dalam percakapan dan umumnya bersosialisasi dengan orang. Google akan memberikan kenikmatan berupa AuthorRank.

Facebook
Lebih dari milyaran orang menggunakan Facebook. Hampir setiap pengguna internet menggunakan Facebook. Sebagai sebuah bisnis, kehadiran online Anda di Facebook adalah suatu keharusan.

Facebook Pages seperti Google Plus Pages juga dapat dibuat melalui profil pribadi yang Ada yang dan tidak akan mempengaruhi halaman Anda. Jika Anda pergi ke Pages dan membuat Fan Page baru maka halaman Anda akan membumbung di Facebook sehingga semua orang dapat melihatnya. Anda harus berbagi update dari website Anda di halaman ini, dan itu akan membuat Anda suka dengan meningkatnya traffic blog Anda.

Dengan Facebook, posting Anda dapat dengan mudah menyebar. Orang-orang yang menyukai atau mengomentari posting Anda dilihat oleh teman mereka yang pada gilirannya akan dilihat juga oleh teman mereka yang lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau banyak kalangan. Anda dapat benar-benar melihat postingan Anda menyebar layaknya virus.

Email Marketing
Email marketing mengacu pada penjangkauan orang-orang dan pemasaran diri Anda melalui email. Ini mungkin merupakan aspek yang paling penting dari membangun sebuah pembaca dan inilah alasannya.

Biasanya pengguna baru belajar tentang situs web Anda melalui mesin pencari. Tetapi bagaimana jika Anda memiliki ribuan pengunjung unik setiap hari, tapi kemudian tertabrak update algoritma utama Google seperti Panda? Semua pengunjung akan lenyap seketika! Kalau saja ada cara untuk mempertahankan semua pembaca Anda, atau mungkin sebagian kecil dari pengunjung! Di sinilah email marketing berperan.

email marketing

Orang-orang yang menyukai konten di situs Anda mungkin ingin mengunjungi lagi dan mungkin mem-bookmark situs Anda. Tetapi bookmark bersifat sementara dan orang-orang cenderung untuk menghapusnya. Anda perlu membuat mereka tetap berlangganan artikel Anda. Membuat orang berlangganan ke blog Anda adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Mereka hanya akan meninggalkan alamat email yang akan ditambahkan ke daftar pelanggan Anda. Anda kemudian dapat memasarkan produk Anda kepada pelanggan melalui email sehingga mereka dapat mengakses konten Anda tanpa mengunjungi situs Anda. Selain itu, traffic yang datang dari orang-orang tersebut akan stabil dan tidak pernah berubah dengan perubahan algoritma pencarian.

Feedburner
Ada berbagai software email langganan yang dapat Anda terapkan di blog Anda. Salah satunya adlah Feedburner yang gratis. Software ini didukung oleh Google sehingga Anda bisa langsung login menggunakan ID Google. Untuk bisa menggunakannya, buatlah account (jika Anda tidak memilikinya), dan kemudian dari Dashboard, silahkan burn a new feed.

layanan gratis feedburner

Masukkan URL blog Anda kemudian klik Next. Kemudian ikuti petunjuk sederhana untuk membuat feed baru. Feed ini berasal dari blog Anda. Feed ini kemudian dapat digunakan untuk mengirimkan newsletter dan update ke pelanggan Anda, power RSS feed, dan sebagainya.

Premium Email Software
Jika Anda berpikir Anda cukup profesional untuk menjauh dari layanan gratis maka Anda dapat mencoba yang premium seperti Aweber. Ini adalah software berlangganan email profesional seperti Feedburner tapi dengan banyak pilihan untuk penjadwalan, kostumisasi, auto-responding, dan email marketing. Itu semua adalah sesuatu yang tidak dimiliki Feedburner sebagai layanan freeware. Aweber dan layanan serupa adalah layanan yang sangat baik untuk berbisnis. Tapi bagi sebagian besar blogger, dan terutama pemula, cukup menggunakan Feedburner untuk melakukan triknya.

Cara-cara ini sudah cukup untuk Anda mulai sejak saat ini. Dan memang itu semua yang mungkin Anda butuhkan untuk waktu yang lama. Kami sendiri juga menggunakan itu semua untuk membangun pembaca blog kami. Melakukannya tidak begitu sulit namun memang memakan waktu yang cukup lama. Jika Anda memiliki kesabaran, Anda pasti akan berhasil.

Jika memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya. Kami juga ingin tahu tanggapan Anda tentang apa saja kiat-kiat Anda untuk membangun pembaca aktif di blog Anda. Ini akan membantu kami dan orang lain belajar, karena belajar adalah apa yang kita perjuangkan.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.