Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Wednesday, June 5, 2013

Cara Menghapus Backlink Spam Menggunakan Google Disavow Links Tool

Google-Disavow-link
Google Disavow Link Tool adalah salah satu fitur yang paling ditunggu setelah peluncuran Update Penguin. Sebelum saya berbicara mengenai tambahan terbaru Google Webmaster, saya akan bercerita sedikit. Ketika Google meluncurkan update Google Penguin yang merupakan salah satu update besar setelah update Panda, ini menyerbu seluruh blogsphere SEO dan membersihkan link spam pada jaringan blog pribadi yang berupa link belian atau link spam. Padahal dengan itu semua mereka telah menciptakan masalah baru dan itu adalah teknik SEO yang negatif.

Sejak penguin ditargetkan untuk menghukum situs spam yang menggunakan metode untuk menghasilkan backlink dan memanipulasi peringkat mesin pencari, orang-orang mulai menyalahgunakan sistem ini dan mulai menciptakan link spam untuk menurunkan peringkat situs-situs lain. Beberapa dari mereka berhasil dan banyak yang terpengaruh melalui teknik SEO negatif ini. Dan ini semua menyebabkan salah satu masalah utama yang mengendalikan backlink ke situs Anda. Bing memahami situasi Webmaster dan meluncurkan Bing Disavow Link Tool setelah update penguin. Sebuah Disavow Link Tool serupa yang sangat diharapkan dari Google dan kemudian pada saat itu Matt Cutts mengumumkan peluncuran Google Webmaster Disavow Links.

Apakah Google Disavow Link Tools itu?
Mari saya jelaskan hal ini dalam kata-kata yang sederhana: Jika Anda memahami konsep SEO negatif di atas, Anda akan tahu bahwa SEO negatif adalah salah satu sisi gelap dari SEO. Google akan membersihkan itu semua dan menghukum situs yang terlibat dalam setiap jenis link link. Siapapun bisa menggunakan teknik kotor untuk menghasilkan 10.000-20.000 link dalam waktu singkat untuk mempengaruhi peringkat mesin pencari. Namun ini tidak perlu Anda lakukan karena Anda akan terluka dengan link spam tersebut. Jadi tool ini digunakan untuk membuang link spam dari situs Anda.

Jadi Bagaimana Webmaster Mengontrol Link Spam Tersebut?
Google Disavow Link Tool merupakan upaya Google untuk memberikan kekuatan pada Webmaster untuk melaporkan dan mengirimkan link tersebut kepada Google dan jika mereka terpergok oleh update Penguin, ditendanglah mereka.

Silahkan baca halaman resmi Google mengenai Disavow link.

Jika Anda sudah melakukan pekerjaan sebanyak yang Anda bisa untuk menghapus link spam atau berkualitas rendah dari web, dan tidak dapat membuat kemajuan lebih lanjut pada link yang akan dijatuhkan, Anda dapat mengingkari link yang masih tersisa. Dengan kata lain, Anda dapat meminta Google untuk tidak mengambil link tertentu ke account user ketika menilai situs Anda. Singkatnya, Google tidak akan menilai link dari setiap domain tersebut, yang telah dilaporkan menggunakan Google disavow link tools.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Disavow Link?
Pertama-tama fitur ini bukan untuk digunakan semua orang. Jika situs Anda dipengaruhi oleh link spam dan di luar kendali Anda, silahkan gunakan fitur ini untuk menyingkirkan link spam tersebut. Khusus untuk Website yang dipengaruhi oleh update Penguin, Anda harus mempertimbangkan menggunakan fitur Google disavow link sekarang juga. Bagian tersulit adalah membuat daftar link yang ingin Anda buang. Anda dapat menggunakan Google Webmaster tool untuk men-download daftar link balik ke situs Anda. Anda juga dapat menggunakan alat pihak ke-3 backlink checker atau Ahrefs yang tidak hanya memonitor link lama tetapi Anda juga akan dapat melihat daftar semua link baru dan link mati.

Google-Disavow-link-tool

Sekarang buatlah file teks dan tulislah satu link/ baris yang ingin Anda buang. Jika Anda ingin mengabaikan domain yang mengirim terlalu banyak link spam ke situs Anda, Anda hanya dapat menggunakan domain: example.com dalam file teks untuk mengabaikan link dari seluruh domain. Setelah daftar Anda siap, silahkan masuk ke halaman Google Disavow Link, pilih domain Anda dari menu drop down dan klik tombol Disavow Link.

google disavow link

Pada halaman berikutnya, klik tombol Disavow Link lagi dan itu akan membuka jendela pop-up dan Anda perlu mencari dan meng-upload file teks link spam yang baru Anda buat pada langkah di atas. Klik Upload dan Submite. Anda telah berhasil melaporkan semua link spam ke Google.

Berikut ini adalah video rinci dari Matt Cutts, di mana ia berbicara tentang Google Disavow Link. Silahkan Anda simak terlebih dahulu video ini.


Sedikit tambahan, ketika Anda ingin menambahkan link baru ke file teks yang Anda buat, Google memberikan Anda pilihan untuk men-download dan menambahkan, menghapus link dari file teks yang ada. Untuk melihat efek dari file upload, mungkin memakan waktu sekitar 1-2 minggu.

Sekian dulu postingan saya, semoga ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Jika Anda mempunyai pengalaman atau hal-hal apapun, silahkan tuliskan di kotak komentar. Dan satu lagi jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda. Terimakasih, salam blogger.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.