Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Sunday, May 26, 2013

Laporkan Situs Spam Melaui Google Penguin 2.0 Spam Report Form!

Baru beberapa hari sejak dirilisnya Google Penguin 2.0, tetapi sudah ada beberapa laporan perubahan yang terjadi. Ada juga banyak laporan bahwa walaupun sudah menggunakan Penguin, Google masih saja memberikan peringkat kepada situs-situs spam. Jadi menurut beberapa orang hal ini tidak berdampak apapun terhadap situs-situs itu. Tapi Anda sekarang dapar melaporkan ini langsung ke Google. Matt Cutts sebagai Distinguished Engineer Google melakukan tweet dan mengabarkan tentang Penguin Spam Report terbaru tanggal 23 Mei 2013 lalu.

Bagaimana Cara Melaporkan Situs Spam ke Google?
Jika Anda ingin melaporkan situs yang Anda anggap sebagai spam maka Anda dapat melaporkannya di Google Spam Report. Setelah Anda masuk ke sana, Google akan meminta Anda untuk mengisi informasi tentang situs spam yang masih berperingkat:
  • The URL of the spam site.
  • The URL of the result that demonstrates the problem.
  • Any additional information about the spam result.
google spam report

Tidak seperti formulir Feedback Penguin tahun lalu, Google tidak memberikan Anda pilihan untuk melaporkan situs yang seharusnya tidak terpengaruh oleh pembaruan ini. Walaupun Penguin sudah di update hingga versi 2.0 saat ini, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa algoritma ini akan ekurat 100%.

Ada juga laporan dari seorang webmaster yang menghadapi masalah setelah diluncurkannya update Penguin 2.0 ini. Masalahnya adalah dia kehilangan posisi di Search Result Google. Menurutnya, sebelum implikasi Penguin 2.0 situsnya berada di posisi teratas untuk kata kunci tersebut padahal semua kontennya unik dan orisinil bahkan dia tidak melakukan spamming. Jadi mengapa? Mungkin Google perlu untuk menanggapi hal ini.

Pembaruan ini tidak sekeras update penguin yang pertama, yang berdampak pada ribuan situs. Dan yang saat ini bahwa situs spam masih lolos dari pengawasan dan masih memiliki posisi dan peringkat yang nyaman.

Kita dapat melihat laporan yang dipaparkan oleh SerchMetrics 25 biggest Penguin 2.0 Looser mengenai situs apa saja yang memperoleh dampak dari Update Penguin ini.  Ada beberapa korban dengan update ini, misalnya situs Salvation Army telah kehilangan 31,89% dari visibilitas pencarian. Namun, korban utama kebanyakan situs porno dan situs game. Anda dapat melihat laporannya di bawah ini:

penguin-losers-searchmetrics

Meskipun Anda selalu dapat melaporkan spam dari Google Webmaster tools, formulir ini adalah  yang pertama kalinya oleh Google dan memungkinkan Anda untuk melaporkan spam tanpa login ke Google Webmaster Tools. Saya membayangkan bahwa ini akan disalahgunakan dan mungkin ada ratusan SEO melaporkan semua pesaing mereka. Tapi jujurlah dan bersainglah secara sehat. Happy blogging!

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.