Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Monday, June 3, 2013

Google Penguin Update: 5 Jenis Link Yang Merugikan Website Anda

google penguin 2.0
Apakah Anda marah dan mencari jawaban tentang mengapa peringkat Anda turun setelah Google merilis Penguin 2.0? Salah satu faktor umum sejauh ini tampaknya menjadi sinyal dari link yang menunjuk ke situs web Anda. Tujuan utama dari update Penguin adalah untuk menempatkan deep freeze di web spam dalam hasil pencarian Google. Dengan ekstensi, sebagian besar bahwa web spam tampaknya adalah link dari jaringan berkualitas rendah.

Natural Link
Sebelum kita masuk ke temuan baru, pertama yang penting adalah untuk memahami sedikit tentang Google dan link. Google menganggap link sebagai editorial "penilaian". Jadi, secara teoritis, situs yang mendapat suara terbanyak memiliki peringkat tinggi di Google karena lebih banyak orang menemukan mereka.

Google menganalisis kuantitas, kualitas, dan relevansi situs yang terhubung ke website Anda. Ketika Google melihat link profil Anda, mereka melihat jenis website seperti apa yang me-link ke website Anda, seberapa cepat Anda memperoleh link ini, dan anchor teks (kata-kata yang dapat diklik) yang digunakan oleh situs web untuk me-link. Ketika algoritma Google mendeteksi hal-hal seperti sejumlah besar link baru atau ketidakseimbangan dalam anchor teks, itu menimbulkan bendera merah besar bagi Anda.

Seperti Google dan banyak pengguna SEO telah memberitakan selama bertahun-tahun, Anda akan menarik lebih banyak link dengan menciptakan konten unik dan bermanfaat atau hal lain yang dapat menciptakan Natural link ke situs Anda.

Unnatural Link
Bagi website/ blog yang telah terkena update Penguin, satu tema umum tampaknya menjadi kekurangan parah dari Natural link, menurut sebuah posting blog oleh Glenn Gabe di G-Squared Interactive. Dia mencatat lima persoalan yang dihadapi semua situs:
  • Membeli Link dengan Anchor Teks: Bagi webmaster yang menginginkan peringkat untuk jangka waktu tertentu, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membeli link dari situs-situs lain dengan Anchor Text. Hal ini bertentangan dengan pedoman Google, seperti Google akan mempertimbangkan link berbayar ini hanya untuk memanipulasi PageRank, bukan untuk memberikan nilai apapun kepada pengunjung.
  • Komentar Spam: Dua hal terbukti bermasalah untuk situs web yang mencoba menaikkan peringkat dengan kata kunci tertentu: signatur atau tanda yang ditinggalkan berupa link dalam komentar yang mengandung anchor teks akan dianggap buruk oleh Google, namun orang-orang melakukan spam dengan itu.
  • Guest Post di Situs yang berkualitas rendah: meskipun guest post adalah cara yang sah untuk mendapatkan link ke situs Anda, tetapi jika situs tersebut berkualitas rendah maka Penguin akan tahu mana link dengan ancor teks yang berasal dari situs berkualitas rendah atau tinggi.
  • Article marketing site: konten yang sedikit menampilkan link dengan anchor teks yang tepat adalah faktor lain yang menyebabkan situs Anda menjadi sasaran Penguin.
  • Link dari Situs Berbahaya: Apakah Anda mempunyai inbound link/ link in dari situs yang telah ditandai sebagai malware, memiliki banyak pop-up, atau masalah spam lainnya? Ini adalah faktor lain yang menyebabkan situs Anda kehilangan peringkat Google, sehingga link ke dan dari web spammer adalah berbahaya.

Pada akhirnya, update Penguin tidak benar-benar mengubah apa pun bahwa Google telah dianggap tidak dapat diterima. Google baru saja mengevolusi algoritmanya untuk mengejar orang-orang yang mencoba cara curang untuk meningkatkan peringkat Google yang lebih tinggi (dan beberapa orang yang tidak tahu sebaiknya sepenuhnya memahami SEO).

Kehidupan Setelah Penguin
Semua buatan manusia memang tidak ada yang sempurna sekalipun itu adalah mesin yang diciptakan oleh Google. Algoritma-algoritma yang telah dibuat oleh Google memang terasa akan dapat membantu menyingkirkan situs spam dan situs yang berkualitas rendah. Tapi setiap kali ada peraturan ata perubahan baru, pasti akan ada cara curang lainnya yang dapat dilakukan untuk menembus aturan itu. Perhatikan gambar berikut ini.

perubahan algoritma google

Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah bagaimana cara membuat konten Anda berkualitas dan menghindari cara-cara yang curang. Jadi dengan memperbaiki semua masalah mengenai link ini dan menghindari tindakan keyword stuffing, spun content, cloaking, dan semua taktik spam lainnya maka Anda akan terhindar dari Penguin.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.