Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Monday, June 3, 2013

Google Penguin Update: 5 Jenis Link Yang Merugikan Website Anda

google penguin 2.0
Apakah Anda marah dan mencari jawaban tentang mengapa peringkat Anda turun setelah Google merilis Penguin 2.0? Salah satu faktor umum sejauh ini tampaknya menjadi sinyal dari link yang menunjuk ke situs web Anda. Tujuan utama dari update Penguin adalah untuk menempatkan deep freeze di web spam dalam hasil pencarian Google. Dengan ekstensi, sebagian besar bahwa web spam tampaknya adalah link dari jaringan berkualitas rendah.

Natural Link
Sebelum kita masuk ke temuan baru, pertama yang penting adalah untuk memahami sedikit tentang Google dan link. Google menganggap link sebagai editorial "penilaian". Jadi, secara teoritis, situs yang mendapat suara terbanyak memiliki peringkat tinggi di Google karena lebih banyak orang menemukan mereka.

Google menganalisis kuantitas, kualitas, dan relevansi situs yang terhubung ke website Anda. Ketika Google melihat link profil Anda, mereka melihat jenis website seperti apa yang me-link ke website Anda, seberapa cepat Anda memperoleh link ini, dan anchor teks (kata-kata yang dapat diklik) yang digunakan oleh situs web untuk me-link. Ketika algoritma Google mendeteksi hal-hal seperti sejumlah besar link baru atau ketidakseimbangan dalam anchor teks, itu menimbulkan bendera merah besar bagi Anda.

Seperti Google dan banyak pengguna SEO telah memberitakan selama bertahun-tahun, Anda akan menarik lebih banyak link dengan menciptakan konten unik dan bermanfaat atau hal lain yang dapat menciptakan Natural link ke situs Anda.

Unnatural Link
Bagi website/ blog yang telah terkena update Penguin, satu tema umum tampaknya menjadi kekurangan parah dari Natural link, menurut sebuah posting blog oleh Glenn Gabe di G-Squared Interactive. Dia mencatat lima persoalan yang dihadapi semua situs:
  • Membeli Link dengan Anchor Teks: Bagi webmaster yang menginginkan peringkat untuk jangka waktu tertentu, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membeli link dari situs-situs lain dengan Anchor Text. Hal ini bertentangan dengan pedoman Google, seperti Google akan mempertimbangkan link berbayar ini hanya untuk memanipulasi PageRank, bukan untuk memberikan nilai apapun kepada pengunjung.
  • Komentar Spam: Dua hal terbukti bermasalah untuk situs web yang mencoba menaikkan peringkat dengan kata kunci tertentu: signatur atau tanda yang ditinggalkan berupa link dalam komentar yang mengandung anchor teks akan dianggap buruk oleh Google, namun orang-orang melakukan spam dengan itu.
  • Guest Post di Situs yang berkualitas rendah: meskipun guest post adalah cara yang sah untuk mendapatkan link ke situs Anda, tetapi jika situs tersebut berkualitas rendah maka Penguin akan tahu mana link dengan ancor teks yang berasal dari situs berkualitas rendah atau tinggi.
  • Article marketing site: konten yang sedikit menampilkan link dengan anchor teks yang tepat adalah faktor lain yang menyebabkan situs Anda menjadi sasaran Penguin.
  • Link dari Situs Berbahaya: Apakah Anda mempunyai inbound link/ link in dari situs yang telah ditandai sebagai malware, memiliki banyak pop-up, atau masalah spam lainnya? Ini adalah faktor lain yang menyebabkan situs Anda kehilangan peringkat Google, sehingga link ke dan dari web spammer adalah berbahaya.

Pada akhirnya, update Penguin tidak benar-benar mengubah apa pun bahwa Google telah dianggap tidak dapat diterima. Google baru saja mengevolusi algoritmanya untuk mengejar orang-orang yang mencoba cara curang untuk meningkatkan peringkat Google yang lebih tinggi (dan beberapa orang yang tidak tahu sebaiknya sepenuhnya memahami SEO).

Kehidupan Setelah Penguin
Semua buatan manusia memang tidak ada yang sempurna sekalipun itu adalah mesin yang diciptakan oleh Google. Algoritma-algoritma yang telah dibuat oleh Google memang terasa akan dapat membantu menyingkirkan situs spam dan situs yang berkualitas rendah. Tapi setiap kali ada peraturan ata perubahan baru, pasti akan ada cara curang lainnya yang dapat dilakukan untuk menembus aturan itu. Perhatikan gambar berikut ini.

perubahan algoritma google

Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah bagaimana cara membuat konten Anda berkualitas dan menghindari cara-cara yang curang. Jadi dengan memperbaiki semua masalah mengenai link ini dan menghindari tindakan keyword stuffing, spun content, cloaking, dan semua taktik spam lainnya maka Anda akan terhindar dari Penguin.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

40 comments:

  1. salam, mantap nih boss informasinya, semoga blog ku tidak termasuk seperti yang di ulas pada artikel ini, terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sekarang ini google lebih ketat, sama seperti teman diatas, semoga blog saya tidak termasuk dalam kategori diatas.
      saya bookmark dulu artikel ini

      Delete
    2. All@ ya kawan saya juga berharap tidak bernasip begitu, dn skr juga hrs lebih hati2 lagi.. ^^

      Delete
  2. wah makin ribet nii,, blog saya yg satunya mungkin terkena gan, dari pengunjung 3000/hari sekarang menurun jadi 1400,,, bener-bener ni om google,,,
    ditunggu kunbalnya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turunnya jadi separohnya tuhh,,,parah.
      Kadang Google salah sasaran sih, itu yg bikin kesel.

      Delete
  3. infonya mantap nich. Tapi bingung juga untuk mengetahui mana link2 yang bermasalah yang nempel di blog. kriterianya abu2. hanya teori aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link yg bermasalah adalah yg seperti sy jelaskan di atas kawan...

      Delete
  4. Bagus penjelasannya dan sangat terperinci, bagaimana kita memahami cara google memberikan peringkat kepada blog dan posting kita. Terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung kawan,,senang jika artikel saya bisa dipahami..

      Delete
  5. iya ini sering di beranda blog saya yang link dari spammer. Masa iya situs perujuk ke blog saya website gak jelas... gimana ya caranya mbersihinnya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa menggunakan tool ini kawan
      https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main

      Delete
    2. Baca ini juga kawan.
      http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=2648487

      Delete
  6. informatif mas artikelnya..setelah google penguin diluncurkan per 22 mei kmrin, bnyak blog (mgkin karena faktor diatas) kehilangan trafik. Untungnya blog saya tidak kena hajar jg..saya lihat di google analistik untuk trafik masih normal seperti biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti blog Anda selamat kawan,,,,yang penting tidak menyalahi aturan Google pasti tidak akan kena dampaknya. ^^
      Happy blogging kawan.

      Delete
  7. gimana cara menghapus link yang sudah kita taruh di komentar artikel orang lain ?? krn pengalaman artikel saya tadinya 10 besar di google malah hilang..krn saya blogwalking dengan meninggalkan link pd komentar yang langsung menuju artikel blog saya.. apa itu berpengaruh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut Google itu sih berpengaruh krn dinilai kualitas dan kuantitas link-in yg kita dapat....
      mungkin artikel ini bisa membant
      http://d-genera.blogspot.com/2013/06/cara-menghapus-backlink-spam.html

      Delete
  8. konten artkel memang sangat penting untuk blog....sebab sepertinya google sangat tegas dengan web/blog yang di anggap memelihara spam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, mmang benar makanya saat ini harus ekstra hati2 dan jangan pakai blackhat dahh.. ^^

      Delete
  9. kalo backlink dr situs porno gitu kira" bahaya nggak om?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperinya tidak masalah kawan,,krn dari searchenginewatch cuma situs2 di atas yg dianggap bahaya...

      Delete
  10. artikel yang berbobot...karena masih belajar blogging :)
    terima kasih banyak atas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, jangan bosan untuk berkunjung kembali,,

      Delete
  11. Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung mzz...semoga bermanfaat

      Delete
  12. Terimakasih atas infonya yang sangat bermanfaat, memang lebih enak dan aman bermain standar saja, seperti membuat artikel yang bagus dengan kata-kata sendiri, sehingga seorang blogger sebenarnya dituntut untuk kreatif dalam menulis. Terimakasih.

    ReplyDelete
  13. tujuan google untuk update algoritma itu apa ya mas Is? apakah untuk keadilan blog2 yang lain juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bnyk pendapat sih mz..
      Tp klo mnurut sy yg positif saja, ingin menyajikan konten internet yang berkualitas..

      Delete
  14. Kehidupan blogging sangat bergantung pada google gan. Nurut aja dah sama mbahnya :)

    ReplyDelete
  15. Makasih gan, artikel yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. makasih banyak sob, sangat membantu sekali artikelnya.. keep posting

    http://bit.do/3cVY

    ReplyDelete
  17. Izin mampir agan, terimakasih :)
    http://bit.ly/1HWliVs

    ReplyDelete
  18. Ternyata hal - hal diatas yang menyebabkan traffic pengunjung turun.

    bagi yang ingin menambah ilmu pembuatan website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.