Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Sunday, March 3, 2013

Google Menghukum Situs Yang Menjual Link Untuk Bertukar PageRank

palu-sidang
Apakah Anda cukup beruntung telah mencapai PageRank 3, 4, atau lebih tinggi? Jika ya maka Anda mungkin akan menerima beberapa email di inbox Anda dari perusahaan link building yang ingin membayar Anda sampai $100 - $200 untuk link pada posting blog Anda. Saya yakin Anda sangat menggairahkannya ketika Anda menemukan sebuah kesempatan besar untuk mendapatkan beberapa dolar gratis. Tapi tunggu! Google web spam Kepala Matt Cutts baru saja mengumumkan pada blog Webmaster Central Jumat lalu bahwa tindakan tegas akan diambil terhadap website dan blog yang menjual link untuk tujuan tunggal yaitu memanipulasi mesin pencari peringkat dan melewati PageRank.


Tentang Hukuman Google Mengenai Penjualan Link
Sejak tahun 2003, ketika praktek relatif kurang merajalela, Google telah memperingatkan terhadap penjualan link dalam quality guidelines. Sekarang Anda harus menyadari, bahwa seluruh alasan Google menguasai lebih dari 65% dari permainan pencarian adalah bahwa hasilnya cukup akurat. End user membutuhkan ketelitian. Dan jika mereka tidak mendapatkannya, mereka akan punya masalah untuk migrasi ke mesin pencari lain. Jadi, memang adil bahwa Google tidak ingin Anda menjual link, karena hal itu akan menempatkan bisnis Google dalam bahaya.

hukuman-google
Bila Anda menjual link untuk melewati PageRank, Anda dapat menyakiti keakuratan hasil pencarian. Popularitas palsu dari link yang tidak berdasarkan prestasi akan merugikan integritas hasil pencarian. Juga, mendapatkan keuntungan yang tidak adil adalah tidak beralasan, terutama ketika ada begitu banyak pekerja keras lainnya yang bekerja keras untuk situs Web mereka. Oleh karena itu, Google berhak untuk melindungi indeks dengan 'mengusir', atau menghukum website yang melanggar persyaratan dan kondisi. Hal ini, pada kenyataannya, tidak masalah terkait Google. Setiap mesin pencari ingin menyingkirkan praktek ini untuk yang terbaik.

Apakah Ini Mempengaruhi Proses PR?
Sebuah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan dalam hal ini, apakah ini berpengaruh pada praktek PR dari beberapa situs web? Nah, jawabannya adalah, ya. Jika Anda melihat sebuah website mendapatkan PR rendah, walaupun memiliki konten yang baik, maka kebanyakan situs-situs tersebut menjual link, yang tidak mudah diamati oleh pengamat biasa. Namun algoritma pencarian dapat memutuskan dalam hitungan detik bahwa link tersebut dibayar. Dan karenanya, situs tersebut mendapatkan imbalan yang sesuai.

Jadi, Apa Yang Harus Anda Lakukan Dalam Kasus Seperti Itu?
Jadi apa yang harus Anda lakukan tentang link bayaran ini? Ada solusi yang sangat sederhana. Link seperti ini perlu diberi script tambahan yaitu tag rel="nofollow". Tag ini memberitahu mesin pencari agar tidak mengikuti link ini. Biasanya, pembeli link tidak akan membeli link nofollow. Jika tidak, maka tidak ada banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal itu, kecuali jika Anda ingin memberi mereka link, dan akhirnya mendapatkan sanksi dalam proses.

jalan-yang-benar

Tapi apa yang harus dilakukan jika Anda mendapatkan sanksi? Untungnya, Google memberi Anda beberapa ruang gerak untuk membiarkan diri Anda keluar dari situasi yang lengket seperti ini. Anda dapat mengajukan permohonan peninjauan kembali ke Google. Tapi pertama-tama, pastikan Anda memenuhi semua quality guidelines Google dan menghapus semua link bayaran sebelum mendaftar.

Lalu Bagaimana Tentang Link Iklan Berbayar?
Google tidak menentang Iklan yang berbayar. Anda benar-benar dapat menggunakan metode ini untuk proses linking dan mendapatkan lalu lintas yang Anda targetkan. Bahkan, Google sendiri mendukung praktek ini, dan bahkan menyetujui program iklan non-Google lainnya.

Sekarang ingatlah bahwa Google tidak mencoba untuk memberitahu orang-orang bagaimana untuk menjalankan situs web mereka, mereka juga tidak menindak keras bentuk Iklan. Hanya selama Anda mengikuti quality guidelines mereka, Anda akan baik-baik saja dan akan tetap aman dalam indeks Google.

Jadi Anda tahu situs apa saja yang Anda pikir mungkin menjual atau membeli link? Anda dapat mencegah mereka dari mendapatkan keuntungan yang tidak adil dengan melaporkan link bayaran di sini. Anda juga dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang link bayaran dengan mengikuti link ini yang mengarah ke website Matt Cutt, di mana dia menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

2 comments:

  1. Betul banget tuh, gan! Ane sering dan banyak banget dapet email kayak gitu pas bog Direktori ane dapet PR4.
    Untung ane gak tanggepin. Thanks infonya.
    Salam kenal dari Direktori Weblog Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kawan, semoga bermanfaat...
      Hanya iseng2 sj menulis. ^^

      Delete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.