Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Tuesday, August 18, 2015

Diumumkan! Nama OS Android Versi 6.0 Adalah Marshmallow

Android-6.0-marshmallow
Kita semua akhirnya berhenti berspekulasi tentang apa nama resmi dari OS Android M. Karena saat ini sudah diumumkan bahwa nama resmi dari sistem operasi terbaru Android (versi 6.0) ini adalah 'Marshmallow'. Nama tersebut menggantikan Android M yang digunakan Google untuk menyebut sistem operasi yang dipamerkan di Google I/O 2015 tersebut. Dave Burke, Android VP of Engineering mengungkapkannya melalui akun Twitternya pada 17 Agustus 2015 kemarin. Android app home.

Seperti tradisi-tradisi sebelumnya bahwa Google menghentikan spekulasi dari nama OS Android terbarunya dengan menempatkan patung Droid hijau yang memegang makanan penutup di halaman kantor pusat di Mountain View. Makanan penutup tersebut tidak lain adalah Marshmallow yang dijadikan sebagai kode nama sistem operasi Android 6.0.

Perusahaan juga telah merilis versi SDK dari sistem operasi baru tersebut yang disediakan untuk developer. Halaman pengumuman SDK juga mengacu pada versi sistem operasi Android baru yaitu Android 6.0 Marshmallow. 

"Sejak peluncuran M Developer Preview di Google I/O pada bulan Mei, kami telah menikmati semua partisipasi dan feedback. Hari ini dengan update Developer akhir, kami memperkenalkan Android 6.0 SDK secara resmi dan membuka Google Play untuk penerbitan aplikasi Anda yang menargetkan API  terbaru versi 23 di Android Marshmallow", tulis Jamal Eason, Produk Manajer Android pada postingan blog resmi milik Google. 

Selain itu Google juga merilis Marshmallow versi preview ke-3 alias yang terakhir. Sistem operasi ini bisa dipadukan ke perangkat-perangkat Nexus yang saat ini sudah beredar di pasaran. "Sistem operasi ini sudah hampir final, namun tetap belum diposisikan untuk digunakan oleh konsumen", tulis Google dalam blognya.

Tidak seperti Android Lollipop yang dirilis dengan sejumlah fitur menarik, update Android 6.0 Marshmallow ini sebagian besar ditujukan untuk memberikan stabilitas dan kinerja. Namun, update akan membawa fitur baru seperti Android Pay, Tap on Now, app permissions manager, dukungan built-in untuk fingerprint scanner, serta dukungan untuk USB Type-C standard. Update Android terbaru ini juga menawarkan dukungan asli untuk arsitektur ARMv8 64-bit.

Perusahaan ini dikabarkan merilis dua smartphone Nexus baru di sela-sela rilis resmi Android 6.0 Marshmallow ini.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.