Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Sunday, April 14, 2013

4 Perubahan Baru Editor HTML Pada Blogger Template - New Improvements

blogger template html editor
Apakah Anda seorang blogger atau web developer yang suka membuat halaman web dan template? Jika sudah masuk ke pekerjaan ini, Anda tidak akan lepas dari dunia coding. Nah, untuk para blogger ada beberapa kabar baik! Google Blogger baru saja memperbaharui Blogger Template Editor HTML dan menambahkan empat fitur baru untuk membuat pengalaman Anda lebih baik! Jika Anda adalah blogger yang suka mengutak-atik template blog-nya, mungkin artikel saya kali ini bisa berguna untuk Anda. Mari kita periksa fitur barunya sekarang!

Blogger Template HTML Editor memungkinkan Anda mengedit kode sumber situs web Anda dan men-tweaknya sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda tahu HTML, CSS, dan/ atau JavaScript, Anda dapat sepenuhnya menyesuaikan dengan preferensi Anda. Langitpun menjadi dekat jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. :)

Untuk menemukan HTML editor, masuklah ke dashboard Blogger Anda kemudian bukalah blog yang ingin Anda edit templatenya. Dari dashboard Blog, klik opsi Template dari sidebar kiri dan kemudian Anda akan menemukan tombol Edit HTML.

new html editor

Apa Yang Baru Pada Template Editor?
Fitur-fitur baru yang berpusat lebih ke arah user-friendliness (atau lebih tepatnya programer-friendliness) dan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Sebelumnya, Template HTML editor memiliki tampilan yang hambar dan tidak user friendly serta terkesan sulit untuk melakukan pengeditan kode template.

Mengedit template adalah hal lain yang dilakukan oleh blogger selain mengedit postingan. Jika sebelumnya kita harus men-download kode Template, mengeditnya di editor yang lebih nyaman (seperti Notepad++) kemudian meng-uploadnya lagi ke Template blogger. Sekarang Anda tidak perlu melakukan hal itu lagi karena perubahan yang dilakukan Blogger semakin memudahkan Anda untuk melakukan kostumisasi kode template Anda.

Blogger telah membuat editor HTML template menjadi jauh lebih nyaman digunakan dengan menghadirkan fitur-fitur berikut ini:
  • Line Numbering - Sekarang Anda dapat melihat nomor baris pada setiap baris sehingga jauh lebih mudah untuk menemukan kesalahan dan melacak kode Anda.
  • Syntax Highlighting - Sama seperti di editor kode yang sudah canggih, kini Anda dapat melihat syntax yang berwarna.
syntax highlighting
  • Auto-Indentation - Fitur ini terlihat seperti paragraf yang masuk ke dalam kalimat. Jadi fitur auto-indent membuat Anda tidak perlu menekan tombol Tab dan Spacebar karena fitur ini membantu untuk membuat kode Anda lebih terorganisis dan Anda dapat dengan mudah melacak kode apa yang menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh, Anda dapat dengan mudah mengetahui apa yang ada di dalam tag div atau apa yang telah Anda masukkan ke dalamnya, dll. Anda akan melihat indentasi otomatis muncul ketika Anda sedang menulis beberapa kode. Anda dapat menggunakan pilihan Format Template untuk membersihkan seluruh indentation yang ada di template Anda.
  • Code Folding - Saya suka dengan opsi ini. Dengan fitur ini Anda dapat melipat kode dan tidak perlu melihat potongan kode yang sangat banyak lagi. Anda dapat menemukan fitur ini pada nomor baris yang terdapati simbol (►) panah hitam. Jika Anda klik simbol itu, Anda akan membuka lipatan kode yang di dalamnya terdapat kode-kode yang sangat banyak. Dengan fitur ini, semuanya menjadi lebih sederhana.
code folding blogger
  • Jump to widget - Sekarang Anda memiliki cara yang lebih cepat untuk melompat ke bagian tertentu dari kode di dalam template (kode yang dimiliki widget). Cukup klik pada tombol Jump to Widget di bagian atas editor dan Anda dapat melihat semua daftar widget yang ada. Klik salah satunya maka Anda akan dibawa ke masing-masing kode.

Fitur baru yang sangat menakjupkan sekali, semua dirubah oleh Blogger hanya karena ingin membuat penggunanya mudah dan puas dalam meng-edit kode HTML Template blog Anda. Jika menyukai postingan ini jangan lupa bagikan dengan teman-teman Anda dengan cara mengklik tombol share di bawah ini. :)

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.