Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Monday, April 1, 2013

Cara Verifikasi Situs Anda Dengan Pinterest Untuk Mengakses Web Analytic

verify website on pinterest
Pinterest adalah jejaring sosial yang relatif baru seputar konsep image sharing. Dengan lebih dari 50 juta pengguna aktif, Pinterest akan cepat menjadi jejaring sosial yang besar yang memberikan pemilik situs dan webmaster sebuah alasan yang baik untuk melakukan verifikasi situs mereka dengan Pinterest. Baru-baru ini, Pinterest memperkenalkan program Web Analytic untuk membantu para webmaster. Namun untuk mengakses fitur web analytic ini, situs Anda harus diverifikasi dulu dengan Pinterest. Jadi inilah usaha saya untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memverifikasi situs Anda dengan Pinteres untuk mengakses Web Analytic, juga saya akan menceritakan sedikit tentang mengapa Anda perlu untuk memverifikasi situs Anda dengan Pinterest.

Cara Memverifikasi Situs Anda
Untuk memverifikasi situs Anda, masuk ke Profil Pinterest Anda. Klik tanda panah di sebelah gambar profil Anda yang berada di pojok kanan atas, dan pilih Settings dari menu drop-down.

verifikasi-website-ke-pinterest

Setelah masuk ke halaman Settings, Anda akan menemukan kolom website. Masukkan URL lengkap website Anda di kolom itu kemudian klik tombol Verify Website di sebelah kanan kolom website itu tadi.

verifikasi-website-ke-pinterest

Anda akan mendapatkan pilihan untuk memverifikasi situs Anda dengan meng-upload file HTML. File ini akan diberikan kepada Anda setelah Anda meng-klik timbol Verifikasi. Download file ini, tetapi jangan tutup dulu halaman verifikasi Pinterest Anda. Masuklah ke Cpanel website Anda atau FTP account, kemudian upload file HTML tadi ke direktori Root Anda (www.situsanda.com/). Setelah Anda selesai, kembalilah ke halaman verifikasi Pinterest dan klik link 'Click Here' yang diberikan pada step 3 untuk menyelesaikan proses verifikasi.

verifikasi-website-ke-pinterest

Jika Anda menggunakan Blogger atau beberapa platform yang sama dimana Anda tidak dapat langsung meng-upload file HTML, maka Anda klik Verify with meta tag. Kemudian Anda harus masuk ke kode sumber situs Anda (template atau kode tema) dan letakkan meta tag yang disediakan oleh Pinterest di bawah kode <head>. Setelah itu, kembali ke halaman pinterest untuk menyelesaikan proses verifikasi. Lihat gambar di atas untuk lebih jelasnya!

Kenapa Situs Anda Harus Diverifikasi?
Salah satu fungsinya, verifikasi situs membentuk link antara situs web dan akun Pinterest. Account terkait dengan website memiliki otoritas lebih. Akun ini ditandai dengan tanda centang yang menampilkan next pada situs web mereka di halaman profil mereka dan di bawah nama mereka dalam hasil pencarian.

Selain itu, setelah memverifikasi situs Anda, Anda dapat mengakses Web Analytics Pinterest yang dapat memberikan wawasan mengenai seberapa baik konten yang Anda buat, dan konten mana yang bekerja dan mana yang tidak.

Jadi lakukan verifikasi pada website Anda sekarang dan jika Anda menghadapi masalah, silahkan meninggalkan komentar, dan kami akan mencoba untuk membalas sebaik yang kami bisa. ^^

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.