Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Friday, March 1, 2013

Instal Zemanta Di Blogger - Cara Baru Membuat Postingan Blog

cara instal zemanta
Membuat konten berkualitas merupakan perhatian utama bagi blogger. Ini adalah suatu hal untuk membangun sebuah website yang enak dilihat dan memiliki optimasi yang baik serta SEO friendly. Upaya yang dilakukan salah satunya adalah mengupdate secara teratur dengan konten yang berkualitas tinggi. Tidak peduli seberapa baik sebuah situs dioptimalkan untuk search engine, tetap konten adalah raja, dan Google menganggap konten memiliki derajat yang lebih tinggi karena berorientasi pada lebih banyak pengguna. Membuat konten berkualitas dan memiliki nilai tinggi bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi jangan khawatir! Anda yang menggunakan Blogger Google sekarang memiliki akses ke sebuah tool yang menakjubkan. Zemanta, yang akan membantu Anda membuat konten berkualitas yang disertai bumbu berupa gambar dan link, serta masih banyak lagi keuntungannya.

Update: Jika Anda tidak memahami betul mengenai SEO, maka kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan tool ini. Silahkan baca artikel berikut ini untuk mengetahui alasannya:


Apa Yang Membuat Postingan Blog Menjadi Menarik?
Menurut saya, memang sulit untuk membuat tulisan yang dapat menarik pembaca, namun ada beberapa hal yang mungkin dapat diterapkan. Pertama adalah dengan menjadi orang yang senang untuk menemukan sesuatu yang salah dalam postingan orang lain atau postingan Anda sendiri yang pernah Anda buat. Ini dapat menjadi kritik diri sendiri dan dapat bersifat konstruktif sehingga Anda akan melihat postingan Anda sudah mendekati sempurna. Jadi hanya melihat apa saja yang salah dan kurang pada postingan Anda kemudian segera membenahinya.

Kemudian, menulis postingan blog itu sendiri tidak bisa dipaksakan pada siapa pun karena tidak semua orang memiliki bakat untuk menulis dengan mahir. Jadi, menurut saya fokuskan pada visual dulu. Ketika Anda menemukan sebuah postingan di blog biasanya Anda menganalisis struktur konten dan Anda akan betah jika postingannya enak dilihat. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan di sini adalah alat bantu visual. Menambahkan gambar dapat menjadi kunci keberhasilan setiap postingan, karena dengan itu Anda telah membubuhkan warna dan grafis yang menarik pembaca.

Selain gambar ada beberapa hal lagi yang penting dalam postingan blog, seperti linking, sumber, dan sebagainya. Nah, ternyata pekerjaan ini dapat dilakukan oleh sebuah tool yang bernama Zemanta.

Instal Zemanta Di Blogger
Zemanta adalah layanan editorial gratis yang akan membantu Anda membuat postingan blog Anda dan memberikan nilai lebih dengan menambahkan gambar, link, tag, dan banyak lagi. Zemanta baru terintegrasi dengan Blogger sehingga pengguna Blogger dapat dengan mudah menggunakan ini untuk meningkatkan kualitas posting blog mereka.

Zemanta dapat membantu Anda dengan:
  • Images - Ini sangat menghemat waktu! Ketika Anda menulis sebuah artikel, Anda dapat melihat saran gambar yang ditampilkan di atas sidebar. Anda dapat memilihnya di posting manapun sehingga Anda dapat memasukkan gambar itu dengan sekali klik. Selain itu, Anda dapat dengan cepat memasukkan foto Instagram dan Flickr Anda.

zemanta untuk blogger

  • Tags - Dengan Zemanta Anda dapat dengan mudah menandai postingan dengan label. Zemanta akan membuat proses lebih mudah dan membawa Anda lebih dekat dengan mesin pencari juga. ^^
  • In-Text Links - Ini adalah salah satu yang membuat saya gembira. Zemanta akan secara otomatis me-link kata kunci ke sumber yang lebih relevan. Ini diharapkan akan membantu pembaca yang tidak jelas tentang istilah dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang itu.

install zemanta di blogger

  • Related Articles - Ini adalah potensi lain dari Zemanta. Anda dapat menggunakan tool ini untuk me-link ke artikel lama Anda serta me-link ke artikel dari blogosphere. Dengan cara ini, Anda akan berhubungan dengan postingan dari blogger lain, dan blogger lain akan berhubungan dengan postingan Anda. Oleh karena itu, skema linking ini sangat efektif yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Bagaimana Cara Mendapatkan Zemanta?
Untuk menginstal Zemanta sangat mudah sekali. Dan karena tool ini gratis jadi tidak ada kerumitan tentang ini. Zemanta tersedia untuk browser-browser populer karena merupakan ekstensi browser. Anda bisa mendapatkan plugin ini dari websitenya. Cukup klik pada ikon browser yang Anda gunakan dan ikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar.

Misalnya, untuk menginstal di Google Chrome, Anda klik link download ini. Klik pada tombol Add to Top di bagian atas dan ekstensi akan segera diinstal dalam hitungan detik. Demikian pula untuk Firefox yang perlu Anda lakukan adalah meng-klik situs download ini dan klik pada Continue to Download. Maka ekstensi akan di-download dan diinstal dalam hitungan detik.

Plugin ini benar-benar bisa menghemat waktu dan sangat produktif. Apa yang sekarang Anda pikirkan? Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.. :) Salam blogger kawan.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.