Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Tuesday, July 2, 2013

6 Alasan SEO Kenapa Anda Harus Menghentikan Penggunaan Zemanta

hentikan penggunaan zemanta
Baru-baru ini pada Februari 2013 Blogger terintegrasi dengan Zemanta. Zemanta memang plugin editorial yang bagus yang membantu Anda untuk menulis postingan blog dengan mudah tapi sayangnya semua seperti alat blogging otomatis lainnya tidak membantu Anda untuk menulis posting blog yang bisa melindungi Anda dari hukuman Google Penguin 2.0. Penguin 2.0 ditulis terutama untuk membunuh link spam dan tidak wajar. Plugin Zemanta memang memudahkan Anda untuk menuli postingan namun ini dapat mempengaruhi keseimbangan inbound dan outbound link dari seluruh blog Anda jika Anda tidak berpengalaman dengan atribut SEO link.

Baca artikel ini terlebih dahulu untuk tahu seputar Zemanta

Berikut ini adalah enam alasan penting mengapa Anda sementara harus berhenti menggunakan Zemanta untuk menghasilkan postingan blog kecuali Zemanta berjanji untuk meningkatkan API mereka:

1.  Terlalu Banyak Link Eksternal untuk Gambar
Zemanta memiliki add-ons dan ekstensi untuk semua browser seperti Firefox, Chrome, IE, dan Safari. Zemanta plugin menambahkan dua link ke gambar. Satu di dalam caption dan satunya lagi pada gambar itu sendiri. Blogger yang belum berpengalaman dengan perangkap SEO dari link ini sering tidak repot-repot menghapus caption/ keterangan dan meng-unlink gambar, mengingat ini adalah kode etik yang harus diberikan kepada pemilik gambar yang sah.
Hal ini menyebabkan ketidak seimbangan yang serius antara link internal dan eksternal yang menyebabkan kerugian serius terhadap situs ber-PageRank tinggi.

2.  Kehilangan Traffik untuk Pencarian Gambar
Anda tidak akan mendapatkan lalu lintas dari Image Search karena gambar Anda tidak di load dari server Anda tetapi dari situs yang terhubung. Singkatnya semua gambar yang Anda tambahkan melalui Zemanta tidak diupload dari folder gambar Anda, sehingga Anda hanya menghancurkan traffic pencarian untuk gambar Anda.

3.  Hanya Menambah Error 404
Link gambar Zemanta bisa terjadi 404 dan tidak ditemukan crawling error di Webmaster Tool Anda jika gambar dihapus oleh pemilik aslinya. Gambar-gambar diupload pada server eksternal. Misalkan Anda menambahkan gambar ke postingan blog Anda yang tersimpan di Flickr. Tapi bagaimana jika gambar yang dihapus beberapa bulan kemudian oleh pemegang akun Flickr? Gambar tidak akan ditampilkan dan akan terjadi error 404 ke crawler. Pencarian ini akan menyebabkan peningkatan serius dalam penelusuran kesalahan dalam akun webmaster Anda.

4.  Meningkatkan Kesalahan pada Server
Zemanta menunjukkan gambar sebagian besar dari pengguna blognya, Wikipedia atau Flickr. Jika terlalu banyak permintaan yang dikirim untuk sebuah gambar, maka situs yang gambarnya dihubungkan mungkin bisa melebihi batas bandwidth dan bisa turun. Kebanyakan situs sering tidak mengijinkan situs eksternal untuk langsung menggunakan link gambar mereka dan sering membatasi aksesibilitasnya. Jika pengguna tidak mendapatkan batasan seperti pada gambar dan Anda menggunakan gambar pada blog Anda maka itu dapat diterima tapi bagaimana jika bulan depan ia memberikan pembatasan? Semua gambar Anda akan hilang serta akan menghancurkan pembaca dan reputasi SEO Anda.

5.  Opsi nofollow Yang Menyesatkan
Ini yang lucu, jika Anda klik tab Preferences dalam akun Zemanta Anda dan melihat bagian bawah halaman di bawah sub-tab. Anda akan melihat uraian berikut untuk atribut link nofollow.

rel nofollow zemanta

Jika Anda melihatnya dengan seksama, tertulis rel="link_nofollow". Saya belum tahu kapan atribut seperti ini diperkenalkan. Mudah-mudahan Developer Zemanta mau untuk mengedit baris ini dan merubahnya menjadi rel="nofollow" sebagai gantinya. Ini adalah penulisan yang tepat dari atribut itu. Saya menyarankan untuk tidak menggunakan opsi ini karena script yang buruk. Bukankan pilihan ini menyesatkan bagi pengguna yang belum mengerti dengan SEO.

6.  In-Text Links yang Tidak Relevan
Pilihan In-Text Links memberi Anda kemampuan untuk secara otomatis menghubungkan frase untuk situs terkait. tapi yang paling sering disarankan In-Text Links meliputi root Domain URL saja. Zemanta sebagian besar memberikan saran tautan yang mengarah ke homepage saja dan bukan halaman yang relevan kecuali untuk wikipedia. Jadi jika Anda berbicara tentang Plugin Facebook, tidak akan memberikan saran ke halaman plugin tetapi akan menunjuk ke Facebook.com. Jadi jika Anda hanya membuang link ekternal tanpa natural relevansi, Anda hanya akan dijadikan makanan lezat oleh Penguin!

Semoga artikel kami kali ini bermanfaat bagi Anda dan jika Anda adalah pengguna Zemanta, lakukanlah sesuai dengan cara-cara yang benar sesuai dengan aturan. Tetap jagalah SEO Anda selalu. Jangan lupa kritik dan saran mengenai artikel ini silahkan tulis di kotak komentar. Semua komentar Anda selalu akan saya hargai. Terimakasih.. Keep Smile!!

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

7 comments:

  1. salam, siip boss infonya, untungny saya tidak pernah menggunakan Zemanta.
    terima kasih sudah berbagi. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, digunakan pun tidak apa2 yang penting paham.

      Delete
  2. Makasih banyak atas semua info nya gan dan salam kenal aja ,,,,,,,

    ReplyDelete
  3. Prediksi Barcelona vs Ajax Amsterdam 19 September 2013 Liga Champions - prediksibolascore88.com/prediksi-barcelona-vs-ajax-amsterdam-19-september-2013-liga-champions/

    ReplyDelete
  4. Jujur saja saya belum pernah menggunakan zemanta sebelumnya. Terima kasih postingannya, sangat informatif buat saya

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.