Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Thursday, January 24, 2013

Cara Membackup Daftar Email Pelanggan FeedBurner Anda Dengan Aman

backup feedburner email
Melanjutkan postingan saya sebelumnya mengenai isu bahwa Google akan menutup layanan FeedBurner pada 2013 ini, maka saya akan memposting bagaimana cara membackup daftar email pelanggan FeedBurner Anda dengan Aman. FeedBurner adalah layanan untuk berlangganan melalui email yang banyak digunakan oleh blogger, kecuali Anda menggunakan layanan premium seperti aweber, kemungkinan bahwa Anda menggunakan FeedBurner juga. Untuk beberapa orang, FeedBurner mungkin segala sesuatu yang mereka butuhkan. Tapi untuk blogger yang lebih canggih di luar sana, beberapa layanan premium tampaknya menawarkan fitur lebih banyak. Dan fakta membuktikan bahwa FeedBurner berada dalam masalah beberapa bulan yang lalu bahwa layanannya tidak berjalan dengan sangat baik. Terserah apapun kasusnya, melakukan backup saya pikir merupakan salah satu ide yang baik. Apakah Anda ingin memindahkan pelanggan Anda ke layanan lain, atau Anda hanya ingin membuat cadangan, Anda hanya perlu untuk men-download daftar pelanggan FeedBurner Anda. Di sini, kami akan memberitahu Anda bagaimana untuk membackup daftar Email Pelanggan FeedBurner Anda.

FeedBurner tidak begitu terkenal karena beberapa alasan. Padahal layanan ini memiliki banyak fitur yang ditawarkan, seperti subscription management, email branding, customizable delivery and communication preferences, serta banyak lagi. Anda dapat melihat dan mengurutkan daftar pelanggan Anda, mengaktifkan/ menonaktifkan dan menghapus email individu, dan menerima email ketika orang berhenti berlangganan. Selain itu, FeedBurner memiliki pilihan ekspor, sehingga Anda dapat mengekspor daftar untuk format excel atau csv.

Download Email Pelanggan FeedBurner Anda
Untuk mendownloadnya, login dulu ke akun FeedBurner Anda. FeedBurner sebelumnya memiliki masalah menampilkan jumlah pelanggan, tetapi tampaknya baik-baik saja bagi kebanyakan orang saat ini. Setelah login, cukup klik pada nama blog yang ingin Anda backup daftar pelanggan Anda.

backup feedburner email2

Anda kemudian akan diarahkan ke dashboard. Klik pada tab Publicize pada dashboard Anda.

backup feedburner email3

Di bawah tab publicize, Anda akan melihat pilihan Email Subscriptions di sidebar kiri. Setelah Anda klik, Anda akan melihat beberapa opsi lebih lanjut. Sekarang klik pada Subscription Management.

backup feedburner email4

Sekarang, Anda dapat melihat jumlah pelanggan email Anda. Ketika Anda pertama kali login ke FeedBurner, apa yang Anda lihat adalah jumlah total dari pelanggan email dan RSS digabungkan. Tapi apa yang Anda butuhkan adalah hanya daftar Email pelanggan bukan daftar pelanggan RSS. Pada halaman Subscription Management, jika Anda gulir ke bawah sampai ke bagian bawah, Anda akan melihat jumlah total Pelanggan Anda, yang hanya menghitung pelanggan email Anda.

backup feedburner email5

Jika Anda klik pada pilihan View Subscriber Details (ditunjukkan pada gambar di atas), akan ada pilihan untuk mengekspor daftar.

backup feedburner email6


Cukup klik pada Export: CSV, dan Anda sudah menyelesaikannya! Anda akan diminta untuk menyimpan file, yang berisi semua email pelanggan Anda. Anda dapat melakukan apa saja dengan file ini, baik menyimpannya di komputer Anda, atau meng-upload ke cloud storage misalnya Dropbox atau yang lainnya.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya. Good luck :)

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

4 comments:

  1. mantep sob,ikut praktek ya sob jaga-jaga kalau ada pelanggan yang nakal.

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali. Salam

    Leadershipstreet Indonesia

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.