Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Tuesday, January 22, 2013

Akankah Google Menghentikan Layanan FeedBurner pada 2013 Ini?

google stop feedburner
Telah ada banyak pembicaraan mengenai FeedBurner baru-baru ini. FeedBurner merupakan  layanan email untuk berlangganan RSS yang digunakan oleh banyak blogger, terutama karena itu adalah layanan gratis. Beberapa atau bulan lalu, banyak blogger menyuarakan keprihatinan mereka ketika FeedBurner menunjukkan jumlah nol dari pelanggan untuk blog mereka. Sejak itu, rumor mengatakan bahwa Google akan mematikan layanan FeedBurner tahun 2013 (mungkin untuk selamanya, tapi kita belum bisa mengatakan apa-apa). Jadi, apakah itu benar? Dan apa yang akan terjadi pada penggunanya jika ini terjadi?
Nah dari yang kita lihat, rumor ini hanya setengah benar. Jadi mungkin ungkapan 'setengah-benar' adalah kata kunci yang tepat kita gunakan di sini. Google tidak sepenuhnya menghentikan seluruh layanan. Ia hanya menutup FeedBurner APIs. Kita akan berbicara lebih banyak tentang itu nanti di posting ini.

Kenapa Google Mematikan Produknya?
Untuk melihat apakah Google benar-benar akan mematikan FeedBurner, pertama-tama kita perlu melihat mengapa Google menutup produk di tempat pertama. Beberapa bulan yang lalu, Matt Cutts mengupload video, di mana ia mengungkapkan mengapa Google akan menutup beberapa produk. Singkat cerita, bisa ada berbagai alasan. Yang paling jelas adalah keterbatasan sumber daya. Perusahaan Sebesar Google tampaknya, masih memiliki keterbatasan dalam hal sumber daya. Dan jika proyek ini memakan terlalu banyak sumber daya tanpa pengisian mereka, maka itu harus ditutup.



Google juga akan menutup produk yang sudah ketinggalan jaman. Misalnya, Orkut yang sudah usang cukup lama, sehingga harus ditutup untuk memberikan ruang bagi Buzz dan Google+.
Jadi pertanyaan berikutnya adalah, apakah FeedBurner berharga bagi Google?

Bagaimana Google Memandang FeedBurner?
Oke, hal yang pertama. FeedBurner digunakan oleh banyak blogger di luar sana, terutama karena gratis. Mengingat profil Google yang sangat baik, tampaknya cukup masuk akal jika mereka akan menutup layanannya. Sekarang saya tidak mengklaim saya tahu bagaimana mereka berpikir, tapi satu hal yang pasti. Jika Google menutup FeedBurner tanpa adanya peringatan terlebih dahulu (dan memang kita tidak mendengar hal itu), maka akan mengakibatkan banyak blogger yang kesal. Bukan berarti Google peduli pada perasaan mereka semua, tapi jelas akan menjadi keputusan bisnis yang buruk, karena ada banyak kompetisi di luar sana, menunggu Google untuk membuat slip sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan dari itu.

Kedua, sebagian besar layanan Google yang gratis (seperti FeedBurner), seperti Google AdSense, Blogger, Webmaster Tools, Google +, dan sebagainya. Jika mereka menutup satu produk gratis, itu akan memunculkan bayangan keraguan atas produk gratis lainnya juga, dan keandalan produk ini di masa depan akan terancam. Kesimpulannya, jika salah satu layanan dimatikan, siapa yang tidak akan berpikiran bahwa layanan yang lain akan dimatikan juga?

Jadi Apa Masalahnya?
Google tampaknya telah berlari ke dalam masalah mengenai API FeedBurner. Tanda-tanda pertama adalah ketika jumlah feed direset ke nol. Jadi hanya meja memiliki masalah. Meskipun kesalahan ini diselesaikan, akhirnya nanti masalah lainnya masih akan tetap ada. Akibatnya, Google akhirnya memutuskan bahwa ia tidak ingin pengembang menggunakan semua API yang mereka miliki. (Catatan: Sebuah API memungkinkan pengembang berinteraksi dengan program. Dia dapat menggunakan API untuk mendapatkan data pengguna, fungsi panggilan, dan melakukan hal-hal seperti lainnya.).

Oleh karena itu, meskipun FeedBurner masih bekerja, API telah dinonaktifkan oleh Google. Anda dapat melihat hal ini dari kenyataan bahwa jumlah pelanggan Anda pada BuySellAds tidak diperbarui jika Anda menggunakan FeedBurner. Hal ini karena API tidak lagi ke BSA untuk mengambil data pengguna.

Jadi Apa Langkah berikutnya?
Tidak banyak: P. Anda dapat menggunakan FeedBurner untuk saat ini tanpa masalah. Tapi alangkah baiknya jika Anda memback-up daftar pelanggan Anda dari FeedBurner.

Anda juga mungkin berpikir ke dalam solusi alternatif, seperti aweber, FeedBlitz, dan sebagainya. Jika mampu mungkin nanti akan saya posting mengenai itu semua dan membagikannya. Tapi hanya jika saya mampu lhooo... :P Karena saya hanya blogger pemula yang perlu banyak belajar.
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

3 comments:

  1. Saya masih memakai layanan dari feedburner ini, di sayangkan kalau di hentikan.

    ReplyDelete
  2. All@ Semoga begitu kawan krn sy juga msh pakai FeedBurner.. ^^

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.