Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Sunday, January 3, 2016

Bagaimana Bisa Website Memiliki Peringkat Bagus Tanpa Backlink?

well-backlink
Sebagian besar orang di luar sana tampaknya percaya bahwa backlink adalah tulang punggung dari strategi SEO sebuah website. Memiliki backlink berkualitas tinggi dan relevan memang memiliki keuntungan, namun apakah itu merupakan sebuah keharusan? Kali ini saya ingin berbagi highlight dari hangout Google John Mueller baru-baru ini di mana ia membuktikan bahwa backlink memang sesuatu yang penting, namun tidak menjadi keharusan untuk mendapatkan peringkat baik di Google.

John Mueller adalah Webmaster Trends Analyst di Google. Ia memberikan contoh dari sebuah situs web berperingkat baik tanpa backlink selama hangout-nya di Googleplex dengan dua rekannya. Berikut adalah video hangout-nya.


Seseorang bertanya mengapa Google menggunakan link untuk meranking website pada tingkat yang mereka lakukan. Dia mengatakan bahwa Google harus menggunakan cara lain untuk memberikan peringkat pada situs. Tentu saja, dia tahu mereka menggunakan faktor penilaian lain tetapi maksudnya adalah mengapa mereka menempatkan begitu banyak titik berat pada backlink.

John Mueller menjawab bahwa mereka memiliki banyak faktor lain di luar link. John kemudian mengatakan ia memiliki teman  di Zurich, dan temannya tersebut hanya memasang sebuah situs web baru hanya untuk lingkungan lokal. Situs baru tidak memiliki link sama sekali dan lebih dari 300 halaman yang terindeks, dan halamannya berperingkat dan dia mendapatkan banyak lalu lintas dari pencarian.

Tidak ada yang pernah terhubung ke situsnya, katanya, tetapi dia mengirimkan Sitemaps untuk Google dan dia memiliki RSS feed.

Situs web tidak cukup baik tanpa link sama sekali, kata John. Jadi, ini bukan sebuah kasus yang berarti Anda tidak memerlukan link sama sekali untuk mendapat peringkat, tambahnya. John bilang bahwa link yang "jelas" itu adalah bagian dari faktor peringkat Google, tapi itu bukan sesuatu yang hanya diandalkan Google.

Kita tahu bahwa dulu Matt Cutts mengatakan Google tidak mencoba mematikan link dalam algoritma peringkat mereka dan hasilnya yang mengerikan. Kita juga tahu bahwa Yandex, mesin pencari besar milik Rusia tidak menghapus link dari segmen niche dalam algoritma peringkat mereka ketika segmen yang terspam mati.

Berdasarkan keterangan-keterangan tersebut bisa disimpulkan bahwa kita tidak boleh lupa pentingnya backlink. Tetapi ada banyak faktor lain yang perlu kita perhatikan juga selain itu. Jadi, kita tidak perlu khawatir tentang berapa banyak backlink yang dipunya website kita karena peringkat Google masih bisa kita peroleh dengan berfokus pada faktor lain tersebut.
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

3 comments:

  1. Berarti backlink bukan segalanya ya mas..
    Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink memang bukan satu2nya yang dinilai oleh Google, tapi itu tetap penting buat blog kita...

      Delete
  2. Sory mas, kalo boleh tau halaman ini pake berapa backling yaaaa...

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.