Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Tuesday, September 10, 2013

Google Menghukum Situs Yang Berbagi Widget, Plugins, dan Template

kebijakan google tentang backlink
Google terus merubah algoritma dan kebijakan mengenai link building dan link exchange. Kali ini, pada update skema dokumen di bawah pedoman Webmaster, Google sudah memasukkan guest posting, advertorial, dan link-in yang tersebar dalam artikel/ press releases/ produk yang dapat melanggar kebijakan mereka. Perkembangan baru ini adalah salah satu aliran perubahan lain yang telah dibuat Google tahun ini dan tampaknya menjadi salah satu yang mengkhawatirkan. Karena tidak hanya akan berlaku untuk guest posting dan press releases dalam skala besar saja, tapi juga akan berlaku untuk semua situs yang berbagi widget gratis, plugin, dan template yang kemudian menghubungkan link mereka ke dalam produk tersebut. Kebijakan-kebijakan baru itu sudah termasuk tipe utama dari backlink yaitu link yang dihasilkan dari guest posting dan artikel marketing, link yang dihasilkan dari advertorial dan iklan asli.

Artikel Marketing Berskala Besar
Seperti yang diharapkan, Google tidak mengambil link yang dihasilkan oleh guest posting yang berskala besar atau berlebihan. Jika guest posting sendiri tidak menambah nilai dan semata-mata ditujukan untuk membangun backlink, maka Anda memiliki masalah. Anda lebih baik membuat guest posting yang relevan, berguna, dan berkualitas baik. Jika tidak, Anda hanya membuang-buang waktu saja.

Advertorial
Hal ini seharusnya tidak dianggap sebagai kejutan karena kita semua tahu bagaimana Google melihat link dari iklan. Google menghambat advertorial atau iklan asli dimana ia membayar artikel yang mempunyai link yang dapat meloloskan PageRank. Jika hal seperti itu bisa dilakukan, maka siapapun juga bisa dengan hanya "membayar" untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, link tersebut harus "nofollow" sehingga mereka tidak lolos PageRank.

Mengoptimalkan Anchor Teks di Press Releases
Menurut Google, "link yang menggunakan anchor teks yang dioptimasi pada artikel dan terdistribusi di situs lain" dianggap sebagai tidak wajar. Jika Anda menerbitkan sebuah artikel atau press release di situs web Anda, dan kemudian mendistribusikannya melalui situs artikel, Anda harus me-nofollow semua link yang dianggap sebagai "optimized anchor text" (yaitu kata kunci yang kaya anchor text).

Tentang Plugin dan Template Website
Jadi, bagaimana semua ini berhubungan dengan situs yang menyediakan widget, plugin, dan template gratis? Nah, Google tidak memiliki masalah dengan Anda menyediakan tool dan sumber daya gratis (atau berbayar) kepada orang-orang. Tapi yang menjadi masalah bagi orang yang memberikan plugin gratis itu adalah, mereka menambahkan link ke salah satu situs mereka sendiri, sehingga setiap kali seseorang menginstal widget atau plugin, plugin itu me-link ke situs host mereka. Itu yang dilarang menurut Google. Dan biasanya itu adalah followed link.

Demikian pula, di hampir 95% dari tema dan template gratis lainnya, ada beberapa link di footer (yang Anda tidak dapat menghapusnya, terutama untuk beberapa tema premi Wordpress). Link ini juga menunjuk ke arah situs host. Itu bukan tema atau plugin yang melanggar kebijakannya, tapi ini adalah link. Link tersebut datang di bawah kategori link terdistribusi dengan "optimized anchor text". Google baru-baru ini telah mengumumkan bahwa link semacam ini melanggar kebijakan. Sehingga Anda juga tidak harus menyertakan link tersebut dalam plugin dan tema yang Anda bagikan, atau Anda harus memberi tag nofollow pada link tersebut, sehingga mereka tidak lolos PageRank ke situs web Anda sendiri.

Mengenai artikel di atas silahkan berikan tanggapan Anda di kotak komentar di bawah ini, Saat saya menuliskan artikel di atas dari sumber, saya juga masih bingung apa sebenarnya yang Google mau, karena saya rasa semua optimisasi yang biasa dilakukan blogger adalah salah. Mohon tanggapannya.. terimakasih :)
 
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

34 comments:

  1. Jadi harus lebih hati2 ya kita bang..hee

    ReplyDelete
  2. Makin tua makin jeli saja ya ni si mbah...
    beda banget sama mbah tetanggaku :D

    ReplyDelete
  3. Sepertinya pemilik blog harus mulai berbenah dan berhati-hati dalam membangun link di masa mendatang. Terima kasih atas postingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar kawan,, google saat ini sangat sensitif terhadap link2 yang tidak jelas..

      Delete
  4. terima kasih atas informasi ya,ini bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
  5. walah makin ketat saja nih aturannya ya...

    ReplyDelete
  6. wah harus hati2 nih bro...

    visit and comment back

    http://www.drobaniblog.com/

    ReplyDelete
  7. Trus yang punya halaman post kayak tukar link gitu. itu dilarang gak ya ?

    ReplyDelete
  8. jadi ceritanya sekarang google hanya menilai artikel yang benar benar artikel dan memang artikel. kini saatnya kita praktisi internet untuk bekerja dengan wajar dan alami, saya setuju dengan itu.

    ReplyDelete
  9. Info yang sangat bermanfaat...

    Thanks buat artikelnya ;)

    ReplyDelete
  10. blog saya nih ntah salah apa udah gak muncul di google search, padahal dulu di pejwan terus :p

    ReplyDelete
  11. wah bahaya gan,google makin tegas aja

    comeback

    ReplyDelete
  12. jadi sekarang kita harus menggunakan blogger dengan sebaiknya,dan memang membuat artikel bukan sekedar sharing

    kunjungan balik

    ReplyDelete
  13. terus link ane yg sudah terlalu banyak gimana bos

    ReplyDelete
  14. Matahari Sukses menggunakan sistem investasi dengan pembagian
    profit hingga 4% perhari dari nilai deposit.
    Disini juga memberikan bonus 5% dari deposit downline.
    PEMULA Rp 50.000 - Rp 1.000.000 10% 12 hari
    PAKET A Rp 100.000 - Rp 1.000.000 4% 30 hari
    PAKET B Rp 1.010.000 - Rp 5.000.000 3,5% 60 hari
    PAKET C Rp 5.010.000 - Rp 10.000.000 3% 90 hari
    PAKET D Rp 10.010.000 - Rp 30.000.000 2,5% 120 hari
    Minimal WD Rp. 2,5 Dolar = Rp. 25.000
    Buruan Daftar Di http://goo.gl/Gndylv

    ReplyDelete
  15. wow info nya bermanfaat banget gan ...makin lama makin susah juga ya bersaing di google..

    jgn lupa berkunjung kembali ya gan.. ^_^

    http://www.jualcdsoftware.com/2013/12/mobil-sedan-toyota-corolla_5.html

    ReplyDelete
  16. waduh harus hati - hati nih salah melangkah bisa fatal akibatnya , terimakasih sobat infonya saya baru tau info terbaru ini :)

    ReplyDelete
  17. kalau untuk membangun backlink ke blog sendiri lewat template editan aku rasa ga masalah juga gan,, setidaknya google akan membaca bahwa link2 dalam footer berhubungan dengan orang yang sama walalupun akun blognya beda

    ReplyDelete
  18. Kalo blog saya gmN ya? Maklum gagap ilmu!

    ReplyDelete
  19. tambah sensitif aja nih google, share template gak boleh, terus kudu bikin sndiri gitu? -_-

    ReplyDelete
  20. Peraturannya om Gogle makin lama makin ketat ya mas. Lalu bagaimana dengan ditus situs penyedia template gratis yang menyertakan link mereka di footer tiap template mereka, seperti maskolis.com? - Regards

    ReplyDelete
  21. Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi, salam kenal dari saya Agen Vimax Asli Canada

    ReplyDelete
  22. thanks infonya
    harus sangat berhati2 ini
    salam

    ReplyDelete
  23. Ini ada kaitanya sama kebijakan Google Adsense. Thks infonya

    ReplyDelete
  24. Sangat membantu :) mampir balik Gan :
    http://hans-software2013.blogspot.com/

    ReplyDelete
  25. To add my insight into the broader need much information should I dig, one of his articles, vidio also one of his pictures as I can see on this page, please be able to provide feedback to me.
    At the end of the comment word I say thank you.
    alat bantu sex wanita
    obat kuat pria
    Obat kuat, alat bantu sex pria wanita 18+

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.