Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Friday, June 21, 2013

Perbedaan Antara Moz Page Authority dan Domain Authority

moz open site explorer
Sejak Yahoo Site Explorer ditutup pada tahun 2011, internet marketer telah mencari alat untuk analisis backlink yang mereka temukan di Moz Open Site Explorer. Kita sudah melihat bagaimana tren sudah memilah lebih ke arah Moz Domain Authority dari Google PageRank. Memang, sebagian besar ahli  SEO sekarang juga melaporkan statistik dari Open Site Explorer (OSE), seperti otoritas domain, Page Authority dll. Jadi, mengapa Anda harus mulai menggunakan OSE jika Anda belum menggunakannya? Mari kita lihat lebih dekat.

Open Site Explorer
Open Site Explorer (OSE) adalah mesin pencari yang melakukan crawling, indexing, dan melacak backlink ke setiap website. Ini memiliki triliunan URL dalam index dan setiap update bertujuan tidak hanya meningkatkan kecepatan dan efisiensi algoritma tetapi juga untuk mempertahankan kualitas backlink yang lebih tinggi dalam indeks sementara pada saat yang sama menghilangkan link berkualitas rendah. Sehingga indeks dapat disimpan, dikelola, serta berharga pada waktu yang sama.

OSE dapat digunakan untuk mengevaluasi data backlink untuk hingga empat situs pada saat yang sama. Untuk setiap situs tunggal, Anda dapat memeriksa metrik berikut.
  • Domain Authority
  • Page Authority
  • Linking Root Domains
  • Total Links
  • Facebook Shares
  • Facebook Likes
  • Tweets
  • +1s
(Catatan: Anda dapat memeriksa metrik link secara gratis di OSE tapi untuk metrik sosial Anda harus menjadi anggota Moz)

Satu hal yang saya suka tentang OSE adalah bahwa untuk setiap backlink Anda bisa melihat lokasi yang tepat dari link tersebut, serta judul dan anchor teks link tersebut. Hal ini juga akan memberitahu Anda ketika backlink adalah sebuah link nofollow. Dengan begitu, Anda dapat melihat di mana link Anda berasal, di mana untuk mendapatkan link yang rusak atau link tanpa anchor teks yang benar, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat melihat otoritas halaman dan otoritas domain untuk setiap link yang masuk ke situs Anda sehingga Anda dapat menganalisis tren dan tingkat backlink yan paling penting.

Page Authority vs Domain Authority
Page Authority dan Domain Authority adalah dua metrik terpenting yang dilaporkan oleh Open Site Explorer. Keduanya diukur pada skala logaritmik dari 0-100 yang berarti bahwa akan lebih mudah untuk pergi dari 10 sampai 20 daripada pergi dari 80-90. Metrik ini diperbarui sekali atau dua kali setiap bulan. Banyak ahli SEO menggunakan metrik ini dalam laporan mereka.

Domain Authority adalah ukuran dari seberapa baik sebuah website akan tampil di hasil pencarian. Ini adalah probabilitas seberapa baik setiap halaman web sewenang-wenang mengambil sebuah webpage dari sebuah situs yang akan diperingkat di SERP. Hal ini dihitung berdasarkan jumlah metrik, seperti total link, linking root domain, MozTrust dan MozRank, dll di antara 40 sinyal lain. Meskipun dapat digunakan untuk memantau kekuatan situs Anda dari waktu ke waktu, penggunaan yang lebih baik akan membandingkan situs Anda dengan kompetitor lain, karena OSE akan diperbarui begitu sering, dan Moz memakan waktu lebih dari 40 sinyal ke akun ketika komputasi Domain Authority. Jadi skor 40 hari ini tidak sama dengan skor 40 tahun yang lalu, atau tahun dari sekarang - itu adalah perubahan!

Page Authority, di sisi lain, mengukur kekuatan dari halaman web individu. Hal ini juga dihitung berdasarkan MozRank dan MozTrust, karena mereka bervariasi dari halaman ke halaman juga. DA tetap sama di seluruh situs (seperti Google PageRank), sedangkan PA untuk setiap halaman bervariasi.

Jadi, apa yang Anda pikirkan tentang metrikmu? Apakah Anda menggunakan itu ketika mengevaluasi situs Anda? Atau apakah Anda masih memilih Google PageRank dan Alexa Rank atas mereka? Tinggalkan tanggapan Anda di bagian komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat..!!

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

37 comments:

  1. maaf, saya belum bisa berkomentar tentang artikel ini karena saya belum mempelajari tentang OSE. terima kasih, artikelnya nambah pengetahuan saya.

    ijin share ya boss. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg belum paham betul namun gambarannya seperti itu..semoga menarik..

      Delete
  2. Artikel yang cukup menarik untuk di ulas, Pertanyaannya bagaimana meningkatkan skor domain authority, apakah ada tips khusus atau panduannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan cara meningkatkan inbound link..tapi syaratnya harus dari website yang berkualitas... dengan itu Anda bisa meningkatkan domain authority..

      Delete
  3. Jadi pada dasarnya semua mengacu pada Moz ya gan

    ReplyDelete
  4. kalo di jaman hummingbird ini, google pagerank masih ngefek gak kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang,, apakah PR masih sangat berpengaruh zaman monster humming brid ini? thanks

      Delete
  5. Mantap Kang...
    Ditunggu artikel SEO berikutnya..

    ReplyDelete
  6. Waduh saya masih bingung juga ms bro, trus yg jadi acuan dapat PR itu apa??? yang page autority atau domainya??? tp terkadang kok bisa turun nilainya kdng balik lagi, pernah nemuin kyk gitu sya, Thanks

    Salam sukses

    ReplyDelete
  7. waduh apalagi saya nih benar benarngak faham sama yang ginian

    ReplyDelete
  8. cara efektif untuk meningkatkan DA gmna ya ?trims sblumnya

    ReplyDelete
  9. DA ku masih kecil, baru 16, kira-kira kapan ya update nya!

    ReplyDelete
  10. mas blog ane waktunyabisnis.blogspot.com
    mendapatkan domain authority 93,.
    apakah itu bagus.?

    ReplyDelete
  11. makasih bxk atas infonya, sngat brmaanfaat :)

    ReplyDelete
  12. untuk blogspot sya cek DAnya sama semua ya, yang beda cuma PAnya

    ReplyDelete
  13. masih belajar nich mas, sepertinya menarik dan penting. saya bookmark dulu.
    Jadi ada Alexa Rank, ada Pagerank Google, ada Domain Authority dan ada Page Authorithy.
    - cuma mau tanya nich. Pagerank Google itu untuk semua halaman atau hanya satu halaman saja? krn homepage blog saya pageranknya 4, tapiketika saya cek halaman lain Pageranknya O besar ^_^

    ReplyDelete
  14. banyak sekali alat untuk menentukan kekuatan sebuah website dan mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing2, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  15. mantap juga mas,,
    cuma saya masih blm berhasil utk menerapkan hal ini
    btw..bisa konsultasikah?

    ReplyDelete
  16. waduh gw masih kosong ini DA nya? gmn ya caranya obatkuatalong.com

    ReplyDelete
  17. Sekarang paham yang membedakannya, makasih banyak ya mas.

    ReplyDelete
  18. Info yang sangat membantu tentang autory blog salam sukses selalu buat admin yg komen di sini.Terima kasih ya

    ReplyDelete
  19. Great articles and great layout. Your blog post deserves all of the positive feedback it’s been getting.
    check seo details

    ReplyDelete
  20. Artikel yang sangat bermanfaat sekali..
    Terima Kasih.
    visit my webiste : www.klinikspesialiskandungan.com

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.