Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Saturday, January 26, 2013

Google Image Search Sekarang Menampilkan MetaData!

google image metadata
Ketika datang ke pencarian gambar, Google dianggap oleh banyak orang sebagai pemilik teknologi terbaik di era ini. Keahlian Google dalam hal tersebut memang benar dari fakta bahwa ia dapat mencari teks dalam gambar dalam penyimpanan Google Drive Anda. Tapi itu sesuatu yang hanya didapat oleh pengguna Google Drive. Kita berbicara tentang pengguna mainstream di sini, sebagian besar dari mereka lebih memilih pencarian gambar Google dari pada mesin pencari lain seperti Yahoo atau Bing. Dan bukan tanpa alasan, Google melakukan beberapa pencarian gambar yang paling akurat dibanding search engine yang lain. Dan menurut berita terbaru, Google kini merilis struktur baru untuk pencarian gambar, meningkatkan kinerja, dan membuat MetaData gambar itu sekarang dapat terlihat oleh pencari!

Apa Yang Baru Pada Google Image Search?
Google telah mendesain ulang antarmuka pencarian gambar untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penggunanya. Perbaikan desain ini mencakup reposisi gambar menjadi panel inline, yang cepat dan mudah diakses, dan menarik pada waktu yang sama. Anda dapat menggunakan keyboard untuk membolak-balik gambar, seperti dalam sebuah galeri digital. Dan jika Anda ingin kembali ke hasil pencarian sebelumnya, Anda hanya dapat menggulir ke bawah dan mulai lagi.

Perubahan besar yang lainnya (yang signifikan bagi webmaster, kita segera akan membahasnya) adalah bahwa, MetaData gambar ini ditampilkan di sebelah kanan dalam hasil pencarian. Jadi sekarang, pengguna tidak perlu membuka tab baru atau redirect ke halaman lain untuk melihat informasi tentang gambar tersebut.

google-image-search

Ada banyak informasi tentang gambar yang tersedia pada hasil pencarian, seperti ukuran gambar, asal domain, dan halaman hosting. Ketika domain dan link halaman diklik, maka pengguna memiliki lebih banyak kemudahan saat browsing melalui gambar dan pergi ke sumbernya. Menurut Google, hal ini telah meningkatkan Click-Through-Rate (CTR) untuk seluruh gambar.

Perubahan besar lainnya yang dilakukan Google adalah penghapusan halaman sumber dari background suatu gambar. Karena ini tidak benar-benar diperlukan, sehingga Google telah menghapusnya, dan sebagai gantinya memberikan link ke halaman sumber. Hal ini tidak hanya membuat loading gambar lebih cepat, juga mengurangi beban pada server host, maka juga akan mencegah masalah bandwidth.

Jadi, Apa Untungnya Bagi WebMaster?
Dengan diperkenalkannya perubahan baru ini, satu hal yang pasti: mereka akan cenderung lebih ke arah pengguna pencarian gambar. Google sudah mengatakan bahwa perubahan baru telah meningkatkan CTR secara keseluruhan untuk gambar. Jadi, apa sebenarnya artinya ini bagi webmaster?

Pertama-tama, webmaster sekarang akan perlu untuk berkonsentrasi lebih banyak pada bagaimana mengoptimalkan gambar mereka. Memberi tag pada gambar menjadi jauh lebih penting, karena ALT title dan deskripsi sekarang menjadi sangat penting untuk pengguna tepat di halaman pencarian. Jadi jika gambar Anda tidak ditandai dengan benar, pengguna akan melihat gambar-gambar yang tidak lengkap, dan akan pindah ke gambar lainnya.

Rancanglah postingan dengan hati-hati kemudian buatlah metadata yang berharga (tag dan deskripsi). Ini akan membantu gambar Anda mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian, serta memastikan klik yang baik untuk gambar Anda, sehingga akan memberikan Anda lebih banyak traffic.

Catatan: Layanan ini sedang diperkenalkan, dan membutuhkan beberapa hari lagi untuk diterapkan sepenuhnya. Jadi jika Anda tidak melihat perubahan apapun, tunggulah beberapa hari. Dan nantikan update selanjutnya. Cheers :)


Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

0 comments:

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.