Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Sunday, January 20, 2013

Modifikasi Blog Anda Agar Memiliki Kecepatan Loading Yang Maksimal

Kecepatan-Loading-Blog-Yang-MaksimalKecepatan loading blog merupakan bagian integral dari strategi traffic sebuah blog. Blog yang memuat lebih cepat dan memiliki sedikit waktu untuk menampilkan semua elemen blog otomatis akan meningkatkan pembaca, lalu lintas mesin pencari, dan demikian juga pendapatan. Sebuah desain blog yang menarik dengan waktu loading yang lamban merupakan sebuah limbah yang akan disia-siakan pengunjung. Tidak semua orang menggunakan koneksi internet yang cepat seperti LAN atau Wi-Fi. Dengan munculnya teknologi smart phone, penggunaan internet mobile meningkat setiap bulan dan perlahan mulai meninggalkan koneksi internet komputer.

Pengembang Browser telah membuat aplikasi mereka kompatibel dengan iPhone, Android, Blackberry, dan Windows Phone. Masyarakat yang tinggal di Amerika Serikat adalah konsumen terbesar dari smart phone. Amerika Serikat adalah salah satu di antara tiga negara yang memiliki pengguna internet terbesar. Dalam rangka untuk menarik lebih banyak lalu lintas dari Amerika Serikat serta Inggris dan Asia, Anda perlu memastikan kecepatan loading blog Anda dan memiliki desain yang kompatibel dengan browser utama seperti Chrome, Firefox, dan IE. Dalam tulisan ini saya akan berbagi rahasia yang digunakan web desainer untuk memastikan desain template website mereka memiliki sedikit waktu untuk membukanya dan bukan malah memaksa pengunjung menunggu selama beberapa detik. Kami akan berbagi beberapa tip yang telah kami terapkan untuk D'Genera Blog.

Waktu buka blog yang ideal adalah seminimal mungkin sekitar 5-8 detik. Tetapi mencapai waktu seminimal ini jarang terjadi karena kita harus mengorbankan banyak desain demi mendorong waktu loading. Oleh karena itu, kami akan memastikan untuk menjaga desain blog yang rapi dan bersih dengan mengadopsi cara-cara cerdas optimasi script dan gambar. Gambar grafis, widget pihak ketiga, plugin, JavaScript, dan JQuery bertanggungjawab 80% dari waktu beban lambat pada Blogger dan Wordpress. Tujuan kita adalah mengoptimasi itu semua.

Baca beberapa artikel di bawah ini sebagai bahan diskusi dan referensi Anda:

Kerugian dari Loading Blog yang Lambat
Berikut ini adalah beberapa poin yang kemungkinan Anda dapatkan terkait dengan loading halaman web yang lambat. Selain berefek pada peringkat blog Anda, juga akan mengurangi pengunjung/ pembaca.
  1. Pengunjung enggan untuk tinggal lebih lama di blog Anda sehingga meningkatkan tingkat bouncing.
  2. Mengurangi PageView. Pengunjung malas untuk menavigasi blog Anda dan cenderung akan meninggalkan sesegera mungkin.
  3. Penurunan PageView artinya juga menurunkan jumlah pendapatan Anda dari iklan dan hal tersebut menimbulkan kerugian bagi Anda.
  4. Anda tidak akan mendapatkan target sponsor jika PageView kurang dari 2-3 ribu.
  5. Spot iklan akhirnya tidak bisa dijual dengan harga tinggi.
  6. Orang tidak akan berbagi konten Anda di sosial media.
  7. Pengunjung tidak berubah menjadi pembaca dan dengan demikian tidak ada peningkatan jumlah pelanggan.
  8. Pertambahan jumlah Fan di Facebook, Twitter, dan Google plus akan lambat.
  9. Orang-orang akan cenderung untuk membaca Feed Anda daripada memilih mengunjungi blog Anda.
  10. Robot pencari akan men-skip aktivitas indeksnya pada halaman web yang terlalu padat dan penuh dengan script dan grafis.
  11. Merusak dan mengacaukan Search Ranking untuk halaman Anda.
  12. Google lebih menyukai penggunanya yang memiliki speed load cepat.
  13. Lalu lintas yang berasal dari pengguna Internet Explorer (IE) akan kacau balau karena IE sering crash ketika membuka halaman web yang lama.
  14. Lalu lintas dari smart phone juga akan berkurang karena koneksi mobile internet tidak sangat cepat. Orang lebih menyukai situs yang mudah dan cepat diakses.

Apa Berikutnya?
Setelah menyadari beberapa kelemahan terbesar dari faktor kecepatan blog, kini saatnya Anda untuk memperbaiki segala komponen yang memperberat waktu loading blog Anda. Dengan mempelajari kiat-kiat kompresi CSS dan HTML serta teknik kompresi gambar, maka di situlah awal dari peningkatkan traffic dan peringkat blog Anda.

Jangan ragu untuk membagian apapun yang Anda tahu di kolom komentar. Kami akan sangat senang menerima saran maupun kritik dari Anda semua. Jangan lupa juga bagikan artikel ini ke teman-teman Anda, jangan biarkan mereka tidak mengetahui hal ini. Terimakasih...

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

7 comments:

  1. eiy,, saya kira mau dishare caranya,, ternyata belum..
    saya akui blog ini loading pagenya bagus dan memenuhi kriteria yang saya inginkan.. So, saya tunggu tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih kawan...
      Jika ada waktu pasti akan sy share tipsnya.. :)

      Delete
  2. Replies
    1. Ya itu menganjurkan agar para blogger memiliki loading yang cepat...
      ^^

      Delete
  3. loading lambat memang nyebelin selain katanya jelek buat seo, pengunjung juga suka kabur duluan

    ReplyDelete
  4. posting bermanfaat, tapi sepertinya belum diposting cara agar loading Maksimal

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.