Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, January 14, 2016

Dua Cara Menemukan Section ID dan Widget ID di Blogspot

mencari-lokasi-widget-blogger
Beberapa orang menanyakan bagaimana menemukan ID Gadget atau ID Widget dari Blogger. Karena untuk mengedit kode widget kita perlu mengetahui lokasinya di template. Jadi, kami pikir tutorial ini akan sangat membantu dalam hal ini. Kami akan berbagi dua cara untuk mencari dan menemukan widgetid dan sectionid sehingga baik pengguna Windows dan Macintosh merasa perlu. Elemen halaman Section disebut sebagai bagian Layout di dashboard Blogger. Widget sebagian besar disebut sebagai gadget di bagian Layout dengan link berwarna biru. Melalui tutorial ini Anda juga akan memahami bagaimana untuk dengan udah menemukan widget dalam template Blogger Anda melalui ID mereka.

Apakah Widgetid atau Sectionid Itu?
Widgetid
Setiap widget yang Anda buat dalam Layout memiliki nomor identifikasi yang unik yang kita sebut sebagai "ID". Widget ID ini selalu berupa alfanumerik dan merupakan satu-satunya kode yang membantu kita mengontrol penampilan widget.

Sectionid
Setiap widget selalu ditambahkan di dalam section. Dalam kata lain setiap section adalah wadah yang menampung widget. Bagian-bagian populer dari blog Anda adalah Header, Sidebar, Footer dan Main. Bagian ini juga diidentifikasi secara unik menggunakan ID mereka yang kita sebut Section ID. Kita dapat menggunakan Section ID untuk memodifikasi tampilan semua widget di dalamnya.

Menemukan Section ID dan Widget ID - Metode 1
Setiap widget yang Anda tambahkan ke Layout memiliki link edit. Jika Anda mengarahkan kursor mouse Anda di atasya, browser Anda akan menampilkan tooltip di bagian bawah layar Anda yang menampilkan informasi penting yang terkait dengan link tersebut. Informasi-informasi yang terkandung dalam setiap link adalah sebagai berikut:

link-edit
Gambar 1. Link Edit
tooltip
Gambar 2. Tooltip
  • Blog ID: Anda dapat membuat hingga 100 blog di Blogger. Setiap blog diidentifikasi menggunakan ID ini.
  • Widget Type: Ini adalah nama resmi yang digunakan untuk widget blogger seperti Header, Main, Popular Posts, Label, dan lain-lain.
  • Widget ID
  • Section ID

Seperti yang ditunjukkan pada gambar kedua di atas, nilai yang ada di sebelah widgetid adalah HTML3 yang meruakan Kode Gadget ID dan nilai di sebelah sectionid adalah sidebar dimana itu adalah Kode Section ID Anda.

Section ID dapat dengan mudah ditemukan sekarang karena Blogger telah memperbaharui Layout dengan menyorot huruf tebal di setiap bagian Kode ID.

sectionid-dan-widgetid-1

Sectionid pada gambar di atas adalah main.

sectionid-dan-widgetid-2

Sectionid pada gambar di atas adalah sidebar.

Metode ini dapat bekerja pada pengguna Windows dan MAC dan pada browser Safari/ Opera/ Firefox/ dan Chrome.

Menemukan Section ID dan Widget ID - Metode 2
Metode ini mungkin hanya bisa bekerja pada pengguna Windows karena saya bukan pengguna browser Safari milik MAC dan tidak tahu apakah Safari bisa memunculkan jendela popup seperti pada Windows.

Kali ini Anda klik link Edit pada widget Anda, maka jendela popup akan terbuka. Maximize jendelanya untuk melihat URL secara lengkap pada address bar dari IFRAME popup.

sectionid-dan-widgetid-3

sectionid-dan-widgetid-4

Dari URL di atas Anda dapat melihat widgetid adalah HTML5 dan sectionid adalah sidebartab1.
Sangat mudah kan!

Mencari Lokasi Widget di Template Blogger
Nah, Anda telah belajar bagaimana menemukan widgetid, sekarang saatnya untuk menemukan lokasi widget dalam template blogspot Anda. Misalkan kita ingin menemukan widget dengan widgetid HTML5.

sectionid-dan-widgetid-5

  • Login ke Blogger
  • Pilih Template > klik Edit HTML
  • Klik drop down menu "Jump to widget"
  • Drop down menu berisi semua daftar widget ID. Pada kasus kami adalah HTML5.
sectionid-dan-widgetid-6

  • Anda akan dibawa ke lokasi di mana tempat DOM HTML untuk widget Anda terlampir pada tag <b:widget>.
sectionid-dan-widgetid-7

Anda dapat melebarkan kode ini dan mengedit konten Widget seperti pada Headline, style konten tersembunyi di dalam tag <data:content/>. Lakukanlah hal-hal menakjubkan sesuai keinginan Anda seperti menyembunyikan widget dari render dalam perangkat mobile atau menyembunyikan widget pada halaman tertentu saja. Anda dapat melakukan apa saja dengan itu.

Penutup!
Apapun yang saya kami di atas mudah-mudahan dapat membantu Anda menemukan lokasi dari kode widget di dalam template blog Anda sehingga memudahkan untuk melakukan editing tampilannya. Apabila ada kritik dan saran silahkan luapkan di kolom komentar. Kami akan dengan senang hati menerimanya.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.