Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Tuesday, July 30, 2013

4 Cara Optimalkan SEO Untuk Situs Anda Menggunakan Screaming Frog

optimasi-seo-dengan-screaming-frog
Screaming Frog adalah SEO spider tool yang sangat berguna untuk menjelajah link website Anda, gambar, CSS, script, dan aplikasi dari perspektif SEO. Jika Anda belum tahu tentang hal itu maka mari kita pelajari bersama. Ini adalah sebuah perangkat lunak desktop yang memungkinkan Anda untuk menjelajah seluruh situs sesuai permintaan dan akan membantu menyelesaikan masalah SEO pada situs web Anda. Dalam postingan ini, kami akan menunjukkan beberapa penggunaan yang paling penting dari Screaming Frog SEO Spider tool.

Fungsi dari Screaming Frog yang disediakan sangat banyak sekali. Dan Anda dapat mencampur dan mencocokkan beberapa fitur untuk membuat fungsi sendiri - kemungkinan tak terhitung jumlahnya. Kami akan mencoba untuk membuat tutorial menganai Screaming Frog kali ini. Tapi untuk saat ini mari kita pelajari bersama mengenai Cara Optimalkan SEO Untuk Situs Anda Menggunakan Screaming Frog.

1.  Memferifikasi Crawl Error
Google Webmaster tool terkadang lambat untuk merespon perubahan pada situs Anda. Sebagai contoh, tidak mungkin menemukan semua perbaikan yang telah dilakukan pada link Anda yang rusak. Itu bisa dilakukan tapi menggunakan Screaming Frog untuk mengetahui masalah broken link seperti 3xx (misalnya 301), 4xx (misalnya 404), dan 5xx. Di bagian atas, ada sebuah bar di mana Anda dapat memasukkan URL dari situs yang Anda butuhkan untuk penelusuran. Setelah ditelusuri, Anda dapat menyaring hasil dengan konten HTML saja dan kemudian jika Anda pergi ke Advanced Export, Anda dapat mengekspor link berdasarkan kode status mereka (3xx, 4xx, 5xx, dll).

advanced-export

Anda bisa, misalkan mengekspor 404 dan kemudian membandingkannya dengan yang Anda dapatkan di Webmaster Tools. Anda juga dapat mengambil semua link dari Webmaster Tools (export as CSV, lalu copy semua link dan paste dalam dekumen teks). Sekarang, jika Anda masuk ke Mode pada Screaming Frog, lalu memilih List instead of Spider, Anda akan dapat mengimpor file teks yang kemudian dapat Anda periksa kesalahannya. Ini akan memberitahu Anda semua 404 yang benar-benar ada dan akan menghilangkan semua perbaikan yang tidak terjawab di Google Webmaster Tools.

2.  Membuat Sitemap
Anda dapat menggunakan Screaming Frog untuk membuat sitemap. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke tab Mode di bagian atas dan klik Spider. Kemudian dari menu konfigurasi klik Exclude. Di sini Anda dapar mengecualikan beberapa jenis URL. Misalnya Wordpress sering menambah sesuatu seperti /?replytocom=123 ketika pengunjung berkomentar (misalnya: domain.com/my-post/>replytocom=12). Anda tidak ingin URL tersebut berada di sitemap Anda. Jadi dalam menu exclude, Anda dapat menambahkan ini "\?repytocom" (tanpa tanda kutip) untuk mengecualikan URL tersebut. Silahkan pelajari panduan Screaming Frog untuk mengetahui lebih lanjut tentang excluding URL.

3.  Memeriksa Kesalahan Sitemap
Anda dapat memeriksa kesalahan XML sitemap. Jika Anda memiliki file XML, silahkan masuk ke Mode, lalu pilih List. Kemudian pilih XML file kemudian impor ke Screaming Frog. Biarkan dia menelusuri link. Setelah selesai, ia akan menampilkan semua link yang rusak dan masalah lainnya. Ini benar-benar dapat membantu menjaga sitemap Anda tetap fresh dan benar.

4.  Periksa Migrasi Situs yang Sukses
Bila Anda mengubah domain situs Anda, Google Webmaster Tool sering 'mengamuk', memberikan kesalahan 404. Anda bisa bisa memperbaikinya dengan Screaming Frog. Jika Anda memiliki daftar URL lama, Anda dapat mengimpor mereka di SF dan kemudiaan mengetahui mana saja yang memberikan 404. Anda dapat menelusuri penuh situs Anda dan menemukan beberapa link yang rusak. Dan Anda juga dapat mengimpor data dari Google Webmaster Tools dan kemudian memeriksa mereka terhadap kesalahan 404.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas kali ini. Bagi Anda yang banyak tahu tentang Screaming Frog ini, kami sangat memohon bantuan Anda untuk memberikan masukan karena bagi saya ini juga masih baru dan perlu saya pelajari lebih dalam lagi. Terimakasih, mudah-mudahan Anda menyukai postingan ini. :)

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.