Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Thursday, July 11, 2013

Bulan Suci Ramadan Penuh Berkah Akhirnya Tiba Lagi Bagi Kaum Muslim

bulan suci ramadan tibaSebelumnya, kami selaku admin D'Genera Blog mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi kaum muslim yang menjalankannya. Mari kita sambut bulan Ramadan yang penuh berkah ini dengan meningkatkan amalan-amalan dan ibadah kita. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh perdamaian, ketenangan, dan pahala yang berlipat ganda. Kita harus bersyukur masih bisa dipertemukan lagi dengan bulan yang penuh berkah ini, berarti Allah masih melimpahkan kasih sayang-Nya kepada kita semua. Ramadan adalah satu-satunya bulan yang paling ditunggu-tunggu ummat muslim di seluruh belahan bumi. Apakah Anda tahu mengapa milyaran muslim di seluruh dunia terus berpuasa di bulan Ramadhan? Mari kita cari tahu jawabannya di artikel saya kali ini!

Pentingnya Ramadhan Bagi Ummat Muslim
Ramadan adalah bulan ke-9 dari kalender Islam. Ini adalah bulan ketika wahyu terakhir datang ke Bumi dalam bentuk Al-Qur'an. Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan terakhir yang dikirim untuk ummat manusia dan Al-Qur'an adalah wahyu yang paling sempurna yang diturunkan di bulan Ramadan.

Ada malam di antara sepuluh malam ganjil terakhir di bulan Ramadan yaitu malam ke 21, 23, 25 ... 29 yang disebut malam Lailatul Qodar, itu disebut sebagai malam seribu bulan ketika Al-Qur'an diwahyukan. Berikut ini adalah 5 ayat yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW:
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." Surah 97 (Al-Qadr, ayat 1-5).

Ini adalah malam dimana setiap muslim mencari dan mencari pahala yang melimpah. Salah satu yang beruntung untuk beribadah dan mendapatkan malam ini nanti akan kekal di surga.

bulan ramadan tiba

Mengapa Muslim Berpuasa?
Setiap agama selain Islam juga menjalani puasa seperti Kristen, Buda, Hindu, bahkan Yahudipun berpuasa. Namun puasa yang dilakukan ummat Islam berbeda dari yang lainnya. Ketika berpuasa, orang muslim tidak hanya dilarang untuk menahan lapar dan dahaga tetapi mereka dipandu untuk menahan diri dari segala macam tindakan yang tidak etis, keinginan seksual, bergosip, pembicaraan yang vulgar dengan lawan jenis, dan lain sebagainya. Jadi, pada bulan ini ummat muslim mendedikasikan seluruh waktu mereka untuk mendekatkan diri kepada Allah dan tidak menyia-nyiakan waktu yang diberikan selama satu bulan penuh ini.

Apakah Shalat Tarawih Itu?
Tarawih adalah Shalat yang merupakan bagian penting dari Ramadan dan tidak ada di bulan-bulan selain itu. Mereka melakukannya setiap malam setelah Shalat Isya'. Fakta menarik tentang shalat ini adalah bahwa Rasulullah hanya pernah melakukannya secara berjamaah dalam 3 kali kesempatan. Disebutkan bahwa Rasulullah kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena takut hal itu akan menjadi wajib kepada ummat muslim.

Apakah Idul Fitri Itu?
Muslim hanya memiliki dua hari raya dan itu adalah Idul Fitri (yang menandai akhir bulan Ramadan) dan Idul Adha (hari kurban). Idul Fitri adalah hari raya ummat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

Pada tanggal 1 syawal mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan, kemudian merayakan Idul Fitri. Awal pagi hari selalu dilaksanakan Salat Idul Fitri (Salat Ied), disunnahkan melaksanakan salat Ied di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar) apabila area ibadahnya tidak cukup menampung jamaah. Sebelum salat ied di lakukan imam mengingatkan siapa yang belum membayar zakat fitrah, sebab kalau selesai salat ied baru membayar zakatnya hukum nya sedekah biasa bukan zakat. Adapun hukum dari Salat Idul Fitri ini adalah sunnah mu'akkad. Di malam sebelum dan sesudah hari raya, umat muslim disunnahkan mengumandangkan takbir.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa!
Sekali lagi kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi pembaca D'Genera Blog yang menjalankannya. Semoga artikel-artikel yang kami tuliskan selama ini dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian dan membuat hari-hari Anda bersinar layaknya cahaya matahari. Kami selalu berusaha untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan up to date agar tidak ketinggalan dengan berita-berita baru seputar blogger dan informasi lainnya. Kami juga mohon doanya agar blog ini dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selamat Ramadan untuk Anda semua teman. Semoga Allah selalu memberikan berkah dan kedamaian untuk Anda semua. Amiiinn!!

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

6 comments:

  1. aku turut mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kang.. walau ane bukan muslim,, tpi pengen nucapin.. semoga puasanya penuh berkah ya kang.

    ReplyDelete
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan seribu ampunan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kawan,,,
      Mari berlomba2 dalam kebaikan.. ^^

      Delete
  3. Salam, Marhaban yaa Ramadhan..Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.
    terima kasih sudah berbagi boss.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.