Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Ad 468 X 60

Monday, January 14, 2013

Google Panda Lahir Dari Kecurangan Kita Sendiri


Banyak internet marketer atau praktisi SEO yang dibuat pusing oleh kemunculan Google Panda, namun perlu diingat bahwa kemunculan Google Panda bukan tanpa sebab. Google menilai hasil pencarian di search engine-nya mengalami penurunan mutu, banyak sekali konten sampah di dalamnya. Banyak informasi yang mengeluhkan hal ini, terlebih kemudian ketika teknik Page 404 dipergunakan sebagai salah satu cara untuk menjaring pengunjung lebih banyak untuk masuk ke sebuah blog.

Teknik Page 404 
Mungkin Anda pernah mencari suatu informasi melalui Google dan kemudian di alam hasil pencarian terlihat sebuah halaman website yang sepertinya mengandung informasi yang sedang Anda cari. Anda mengklik hasil pencarian tersebut dan masuk ke halaman website tersebut, namun yang terlihat adalah pesan 404 or Not Found. Dengan beberapa bait pemrograman PHP, seseorang bisa memanipulasi sebuah konten yang sebenarnya tidak ada, dan teknik itulah yang disebut teknik Page 404.

Kita pikir kita bisa mengakali Google dengan menggunakan serangkaian teknik curang. Selain teknik 404 itu, ada lagi teknik auto generate content dimana ada sebuah software yang memposting sebuah blog dengan konten yang berasal dari blog lain berdasarkan keyword tertentu yang dibidik, hasilnya terlalu banyak duplikasi konten di Google.

Mungkin Anda pernah mencari suatu informasi tertentu dan melihat banyak halaman blog yang mengandung informasi yang sama dengan yang Anda cari, namun isinya sama persis. Awalnya teknik ini dibangun untuk backlink, biasanya seorang blogger mempunyai 2-3 blog. Satu blog adalah blog aslinya dan 2 blog lain adalah dummy, kemudian seiring dengan perkembangan teknologi, tercipta software-software otomatis untuk mengisi konten blog, dan dengan software itu seorang blogger menciptakan banyak sekali blog namun isinya sama. Hasilnya lagi-lagi hasil pencarian Google dipenuhi dengan sampah konten.

Jika Anda adalah pemilik Google, maka Anda akan melakukan hal yang sama yaitu melahirkan Google Panda. Apa itu Google Panda? Mungkin postingan saya selanjutnya akan memberikan Anda informasi tentang Google Panda ini. Tunggu yaa… :P
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.

5 comments:

  1. Suatu pembahasan yang menarik, saya tunggu update berikutnya tentang si Google Panda. Salam kenal kawan.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal sob, trimakasih kunjungannya..
    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal agan Ishana..

      Saya baru terkena sanksi dari Google Panda nih sepertinya.. ya mungkin karena pada saat itu saya terlalu tergesa-gesa dan terlalu terburu-buru memburu backlink..

      Delete
    2. Dengan itu mungkin bisa dijadikan pelajaran sob..
      ^^

      Delete
  3. Sesuatu itu muncul karena memang ada sebabnya

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkenan mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog ini. Tanggapan Anda selalu kami hargai.