Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, January 28, 2016

Apa Perbedaan Visit dan Pageview pada Website?

perbedaan-pageview-dan-visit
Webmaster sering bingung ketika menganalisis web mereka di dashboard. Banyak yang kurang tepat dalam memahami perbedaan mendasar antara "visits" (kunjungan) dan "pageviews" (tampilan halaman). Pada ulasan saya kali ini akan menjelaskan bahwa visits/ kunjungan berbeda dengan pageviews/ tampilan halaman. Semua software analisis Web mengukur parameter yang berbeda-beda (termasuk kunjungan dan tampilan halaman).

Sebagai contoh: tampilan halaman yang ditampilkan di dashboard Blogger Anda mungkin berbeda dari apa yang ditampilkan dalam analisis Google. Anda harus bergantung pada satu software analisis Web dan meningkatkan skor atau statistik Anda. Jika tidak, Anda mungkin bingung dengan software yang berbeda dan alat-alat yang menunjukkan hasil yang berbeda.

Apa Itu Visit atau Kunjungan?
Kunjungan adalah jumlah pengunjung yang mengunjungi website Anda. Kunjungan adalah jumlah pengunjung individual yang datang ke website Anda. Seorang pengunjung tunggal mungkin juga membuka beberapa halaman web Anda. Jika pengunjung situs Anda membuka sesuatu di browser mereka dan kembali lagi setelah beberapa saat, itu mungkin dianggap sebagai awal sesi yang baru. Mungkin waktu adalah variabel yang dianalisis oleh software analitik yang berbeda.

Apa Itu Pageview atau Tampilan Halaman?
Tampilan halaman merupakan jumlah halaman web yang diakses oleh pengunjung situs Anda. Jika satu pengunjung halaman web mengakses banyak halaman situs Anda, maka itu akan dihitung sebagai pageview yang lain. Jadi, maksudnya adalah setiap kali halaman dibuka oleh pengunjung dari situs Anda, itu akan dihitung sebagai pageview/ tampilan halaman tambahan.

Lalu Apa yang Membedakan Visit dan Pageview?
Ketika seseorang mengakses situs Anda itu disebut sebagai visit. Di sisi lain, pageview adalah jumlah halaman yang dibuka oleh seseorang selama kunjungannya. Salah seorang pengunjung dapat menghasilkan beberapa Pageview dalam satu kali Visit.

Kesimpulan!
Dari penjabaran di atas bahwa Visit dan pageview sangatlah berbeda. Banyaknya pageview dan jumlah waktu yang dihabiskan oleh seseorang ketika mengunjungi situs Anda menentukan bahwa audience Anda tertarik pada apa yang Anda sajikan.
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.