Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Monday, January 11, 2016

Cara Mencegah Link Internal Blog Terbuka pada Jendela Baru

membuka-link-ekternal-di-jendela-baru
Kami pernah memberikan tutorial mengenai cara mengaktifkan kembali postingan lama pada blog untuk meningkatkan traffic. Dengan mengaktifkan postingan lama, diharapkan tulisan-tulisan yang telah Anda posting beberapa tahun lalu akan tetap eksis dan mendapatkan lalu lintas. Alangkah lebih baik bila link internal dari postingan Anda tidak terbuka pada jendela browser yang baru. Script jquery yang kami tunjukkan kali ini akan mencegah link internal (yang beratribut target="_blank") terbuka di tab baru. Script ini akan menyebabkan semua link terbuka dalam jendela baru kecuali link internal. Plugin ini akan mencari semua hyperlink http dan https dalam bagian blog Anda termasuk pada posting dan komentar. Script ini kemudian akan menambahkan atribut target="_blank" untuk semua link eksternal dan akan menghapus atribut target="_blank" dari semua link internal yang ditemukan di dalam posting dan komentar blog Anda.

Tutorial di bawah ini berisi petunjuk untuk Blogger dan Wordpress. Script ini akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan pageview harian Anda dan dapat menurunkan tingkat bouncing blog sehingga berpengaruh pada peringkat mesin pencari ke arah yang lebih baik. Kami telah menerapkannya pada blog ini dan Alhamdulillah sukses.

Membuka Semua Link di Tab Baru Kecuali Link Internal
Template Blogger dan Tema Wordpress memiliki struktur DOM yang berbeda dan itu dikarenakan perbedaan kelas dan nama ID. Kami akan membahas langkah-langkah instalasi untuk kedua platform ini secara terpisah dengan sentuhan yang sangat amat mudah.

UNTUK BLOGGER
  • Login ke akun Blogger Anda
  • Pilih Template
  • Backup template Anda bila perlu
  • Klik Edit HTML
  • Paste semua script di bawah ini tepat di atas kode </head>

<script async='true' src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1/jquery.min.js' type='text/javascript'></script>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
//Open External Links in New Window - Plugin by D'Genera Blog
$(document).ready(function(){
$("#Blog1 a[href^=http], #Blog1 a[href^=https]")
  .each(function(){
    if (this.href.indexOf(location.hostname) == -1){
      $(this).attr({ "target":"_blank" })}
    if (this.href.indexOf(location.hostname) != -1){
    if ( $(this).attr('target') == '_blank')  {$(this).attr("target", "");}}
  });});
//]]>
</script>

Note: Hapus kode yang berwarna kuning di atas apabila Anda pernah menambahkan kode tersebut ke dalam template blog Anda.
  • Simpan template Anda dan SELESAI!

UNTUK WORDPRESS
Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk wordpress untuk membuka link ekternal di jendela baru tetapi membuka link internal di jendela yang sama.
  • Login ke akun Wordpress Anda
  • Pergi ke halaman Theme Settings atau ke Appearance > Editor > header.php
  • Paste script di bawah ini tepat di atas kode </head>

<script async='true' src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1/jquery.min.js' type='text/javascript'></script>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
//Open External Links in New Window - Plugin by D'Genera Blog
$(document).ready(function(){
$("#content a[href^=http], #content a[href^=https]")
.each(function(){
if (this.href.indexOf(location.hostname) == -1){
$(this).attr({ "target":"_blank" })}
if (this.href.indexOf(location.hostname) != -1){
if ( $(this).attr('target') == '_blank') {$(this).attr("target", "");}}
});});
//]]>
</script>

Note: Hapus kode yang berwarna kuning di atas apabila Anda pernah menambahkan kode tersebut ke dalam template blog Anda.
  • Simpan dan semua selesai.

Bagaimana Link Internal dan Eksternal Teridentifikasi?
Cara kerjanya adalah script akan mencari semua link dalam postingan dan bagian komentar kemudian menghilangkan atribut target dari semua link internal dan menambahkan itu di link eksternal saja. Variabel location.hostname akan diperiksa jika link merupakan link internal atau eksternal. Untuk link eksternal kondisi akan diatur ke ==-1 dan untuk link internal kondisi akan diatur ke !=-1.

Jika Anda pernah menggunakan script yang serupa seperti ini untuk tujuan yang sama, saya sarankan untuk menggantinya dengan script baru ini yang jauh lebih ringan dan SEO friendly.

Saya harap script baru ini dapat memberikan efek posotif untuk pageview blog Anda secara keseluruhan dan membuat pembaca Anda merasa lebih nyaman karena mereka tidak harus membuka tab baru untuk setiap klik pada link Anda. Jika butuh bantuan, mungkin kami bisa membantu.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.