Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Monday, December 28, 2015

Kapan Waktu Terbaik Untuk Posting di Facebook, Twitter, dan Pinterest?

jadwal-social-media
Salah satu trik media sosial yang paling penting yang saya pelajari adalah mempertahankan jadwal posting. Hal ini tidak hanya akan membawa konsistensi untuk pekerjaan Anda, tetapi juga akan menghemat waktu yang berharga. Tetapi, melakukan penjadwalan itu sendiri tidak akan memberikan banyak keunggulan kecuali jika Anda mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan posting. Jadi, bukan hanya tentang apa yang Anda kerjakan tapi juga kapan Anda melakukannya. Dengan mengetahui kapan audience Anda bangun dan memeriksa Facebook, dapat memberikan keajaiban kecil bagi reputasi sosial Anda.

Jadi pertanyaannya adalah kapan waktu yang tepat untuk posting di situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan sebagainya? Jawabannya tergantung banyak faktor dan ini adalah saatnya Anda melakukan analisis terhadap sosial media. Tapi sebelum Anda membuka Facebook dan melakukannya, mungkin ada beberapa saran yang bisa Anda perhatikan untuk jaringan media sosial tertentu.

Seperti yang saya katakan bahwa analisis media sosial dapat membantu meningkatkan reputasi blog Anda. Tapi Anda tidak cukup hanya tahu kapan dan berapa banyak pengunjung Anda yang sedang online. Akan jauh lebih baik jika mereka semua juga terlibat dalam aktivitas klik, like, atau share. Di sinilah fungsi dari beberapa platform yang mungkin perlu Anda manfaatkan seperti contohnya AddThis. Platform ini memungkinkan pengunjung Anda untuk menyukai dan membagikan artikel Anda ke media sosial yang mereka miliki.

Variasi Waktu untuk Berbagai Jaringan Sosial
AddThis telah menyusun sebuah laporan dari 14 juta website lebih yang menggunakan platform ini dan menyajikan data analisisnya yang dapat membantu kepentingan kita.

variasi-waktu-jaringan-sosial-1

Data ini menggambarkan kapan waktu puncak klik dan share yang berasal dari 14 juta situs lebih yang menggunakan tool AddThis ini. Dari data tersebut kita bisa tahu waktu yang tepat untuk melakukan posting artikel kita di media sosial. Ini akan sangat membantu meningkatkan jumlah traffic blog kita.

klik-share-facebook

Gambar di atas menyajikan sebuah data pengguna facebook di salah satu website berdasarkan persentase terhadap jam sehari. Kita dapat melihat bahwa sebagian besar aktivitas di Facebook terjadi pada malam hari baik itu klik maupun share. Sangat sedikit aktivitas share yang terjadi pada siang hari, puncaknya terjadi sekitar jam 6-12 PM. Beberapa klik dan share juga terjadi di siang hari namun angkanya hanya sedikit. Biasanya orang mengakses Facebook ketika jam kantor akan dimulai dan di malam hari ketika mereka sudah pulang.

Menurut AddThis, tren klik dan share untuk Twitter hampir sama dengan Facebook yaitu puncaknya terjadi di malam hari dan beberapa di siang hari. Tetapi Pinterest sebagian besar digunakan di sore dan malam hari.

Nah, jika dikaji lebih jauh lagi berdasarkan hari tentunya juga akan berbeda antara senin sampai minggu. Berikut adalah observasi yang lebih mendalam lagi dari AddThiss.

variasi-waktu-jaringan-sosial-2

Kesimpulan
Dengan memperhatikan waktu posting kita di media sosial, ini akan memberikan dampak yang bermakna bagi blog kita. Data di atas telah memberikan wawasan kepada kita mengenai hal kecil namun penting. Semuanya tergantung pada diri Anda, Anda dapat berbagi hal-hal yang Anda tulis di pagi hari ketika rata-rata orang sedang pergi ke kantor. Tetapi yang terbaik untuk konten Anda adalah di sore dan malam hari ketika sebagian besar audience Anda sedang aktif dan terlibat. Anda juga harus melihat hari yang paling populer untuk postingan Anda.

Masih banyak sekali data yang berguna untuk Anda dan blog Anda yang berkaitan dengan sosial media. Silahkan jangan lelah untuk terus mencari sesuatu yang terbaik demi kemajuan diri Anda. Hal di atas sebenarnya mempelajari perilaku manusia dan kita memanfaatkan itu untuk kepentingan kita.

Apakah ada sesuatu yang berguna untuk ditambahkan? Kolom komentar kami selalu menunggu partisipasi Anda. Terimakasih. . .

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.