Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, September 17, 2015

5 Cara Ampuh Merencanakan Pembuatan Blog yang Baik

5-cara-merencanakan-pembuatan-blog
Beberapa permasalahan yang mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang adalah sebuah perancanaan yang matang sebelum mereka membuat blog, khususnya bagi seorang pemula. Ada hal-hal penting yang harus dipikirkan secara matang sebelum Anda membuat sebuah web blog. Tentunya semua orang yang akan memulai aktivitas blogging-nya ingin memiliki blog dengan traffic tinggi. Maka dari itu Anda perlu menghabiskan beberapa minggu untuk memikirkan bumbu-bumbu sebelum Anda mengolahnya menjadi sebuah blog. Pada artikel ini saya akan memberikan tips penting untuk merencanakan pembuatan blog yang baik.

1. Pilihlah Nama yang Ideal untuk Blog Anda
Nama blog harus mencakup misi blog Anda dan harus jelas mengartikulasikan tujuan blog Anda. Jangan terburu-buru pada langkah ini. Ambil satu atau dua minggu untuk mempertimbangkan nama-nama blog yang potensial. Mintalah beberapa teman yang mengerti hal ini untuk memberikan masukan kepada Anda. Setelah Anda menemukannya, Anda perlu melihat apakah nama itu tersedia atau tidak. Jadi, Anda harus memastikan tidak ada yang menggunakan nama Anda atau variasi yang serupa.

2. Membeli Nama Domain dan Variasinya
Segera setelah Anda mendapatkan nama blog yang Anda sukai dan telah memeriksa bahwa tidak ada yang menggunakannya, belilah domain dengan segera. Biayanya mungkin sekitar $10 sampai $20 per tahun. Namun jika Anda berencana membuat blog Anda melalui Blogger maka itu jauh lebih mudah karena gratis. Namun saya menyarankan, jika Anda ingin mengubah blog Anda menjadi sebuah bisnis yang sukses maka Anda wajib membeli nama domain dan variasinya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan orang lain yang mendirikan situs dengan nama domain yang mirip dengan Anda.

3. Pilihlah Platform yang Anda Sukai
Ada dua platform yang kami tawarkan yaitu Blogger dan Wordpress. Anda silahkan pilih salah satu atau terserah Anda mungkin ingin menggunakan keduanya. Namun, memang ada kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap platform tersebut. Anda cukup mempelajarinya entah dari orang lain, membaca, dan mencoba. Saya sendiri lebih menyukai Blogger karena langsung terintegrasi dengan Google Account, jika Anda memiliki account Gmail atau Google reader otomatis Anda sudah memiliki account Blogger. Wordpress juga memiliki kelebihan salah satunya juga terintegrasi dengan produk Automattic seperti Akismet dan Gravatar. Keduanya memiliki proses sign-up yang mudah.

4. Menyewa Desainer
Katakanlah Anda sudah melakukan update konten secara teratur dan memiliki banyak pengunjung dpada blog Anda. Saya ingin mengatakan bahwa kualitas konten dan konsistensi untuk memperbaharui adalah yang terpenting, namun memiliki desain bagus dan kemudahan pengguna/ pengunjung juga sangat penting. Jika pembaca melihat desain blog Anda kusam atau tata letak tidak teratur, saya bisa pastikan mereka akan segera pergi untuk mencari blog lain.

Tidak usah muluk-muluk untuk memiliki desain yang cetar membahana. Cukup dengan sebuah desain yang bersih dan navigasi yang mudah maka itu cukup untuk merubah dunia Anda. Nah, jika Anda tidak bisa mendesain sendiri, perlulah Anda menyewa seorang desainer untuk melakukannya. Namun saya rasa lebih baik lagi jika Anda mau mempelajari beberapa teknik HTML dasar sehingga Anda dapat men-tweak sidebar sendiri.

5. Rencanakan Tulisan Anda secara Sistematis
Sering saya menemukan konten blog yang alakadarnya, dan itu cukup membuat saya untuk langsung meninggalkan tanpa saya baca terlebih dahulu. Nah, jika Anda ingin pengunjung tetap berada di sekitar Anda, Anda harus memiliki kedalaman konten, seri, dan tulisan yang bervariasi. Sebelum Anda muncul di muka publik, buatlah dulu sekitar 10 sampai 15 posting, dan siapkan juga 15 posting lainnya untuk update berikutnya. 

Rencanakan posting secara teratur, ingat bahwa memposting 3 kali seminggu jauh lebih baik daripada 30 kali seminggu namun dalam jeda beberapa bulan. Yang paling penting dalam hal ini adalah konsistensi.

Mudah-mudahan bermanfaat, silahkan berkomentar dan jangan lupa bagikan artikel ini ke lainnya juga. Terimakasih!
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.