Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, August 20, 2015

Cara Install Android 6.0 Marshmallow pada Smartphone Nexus

install-android-M-developer
Android M developer preview telah dirilis Google saat I/O 2015 bulan Mei lalu. Dan saat ini Google telah mengumumkan bahwa singkatan dari Androin M tersebut adalah Marshmallow. Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara menginstal Android M Developer Preview 3 pada perangkat Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, atau Nexus Player. Bagi Anda yang mempunyai perangkat Nexus sangat beruntung bisa mencoba Marshmallow secepatnya. Tidak perlu berlama-lama, mari kita simak uraian di bawah ini.

Catatan: Adroid M developer preview hanya dirilis untuk Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player, jadi jangan mencoba untuk melakukan flash firmware pada perangkat apapun selain ini. Proses ini juga akan menghapus perangkat, jadi pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu sebelum Anda lanjutkan.

Cara Mendapatkan Android M Developer Preview
Proses flashing Android M tidak sesederhana yang dipikirkan. Versi final Android M preview yang memiliki build number MPA44G akan bekerja seperti perangkat pabrikan Nexus yang lainnya. Anda hanya perlu mendownload file dan melakukan flashing.

Persyaratan
  • Download ADB Tools and ekstrak file zip yang Anda dapatkan
  • Download Android M preview untuk Nexus (kemudian ekstrak di dalam folder ADB Tool)
  • Download Android M preview untuk Nexus 5, 6, 9, dan Nexus Player
  • Unlock bootloader
  • Aktifkan USB Debugging
  • Driver yang relevan diinstal pada komputer Anda

Cara Instal Android M pada Perangkat Nexus Anda
  • Matikan perangkat Nexus Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Power dan Volume ke bawah secara bersamaan untuk merestart perangkat masuk ke bootloader.
  • Sambungkan perangkat Nexus Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Buka Windows Explorer dan temukan firmware yang Anda ekstrak tadi di dalam folder ADB Tools.
  • Dobel klik pada file flash-all.bat dan tunggu prosesnya.
  • Perangkat Nexus Anda akan melakukan reboot dan akan menjalankan Android M preview versi 3. Jika gagal silahkan Anda periksa penyelesaian masalah di bawah ini.
 

Penyelesaian Masalah
Jika Anda memiliki masalah sebelum instalasi, pastikan Anda aktifkan USB Debugging dan unlock bootloader seperti yang telah dijelaskan dalam panduan di atas.

Bootloop
Jika Anda terjebak dalam sebuah bootloop (perangkat Nexus stuck pada layar loading saat startup), Cobalah Anda hapus partisi cache yang pertama dengan kembali ke bootloader dan gunakan tombol Volume untuk masuk ke Recovery Mode (gunakan tombol Power untuk meng-klik). Setelah Anda menghapus partisi cache, cobalah reboot kembali.

Jika Anda masih tidak bisa melewati layar boot, kembali ke Recovery dan pilih Wipe data/Factory reset dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi.

Masalah ADB
Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan di jendela command prompt yang mengatakan bahwa Anda kehilangan file system.img, lakukan hal berikut ini: ekstrak file image.zip kemudian copy dan paste file itu ke dalam tempat yang sama seperti file ekstrak tadi.

Kemudian buka jendela command (tekan tombol Shift dan klik kanan, pilih 'Open command window here')dan masukkan perintah di bawah ini:
fastboot flash bootloader <bootloader-filename>.img
fastboot reboot-bootloader
fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash boot boot.img
fastboot flash system system.img
fastboot flash cache cache.img
fastboot flash vendor vendor.img

Setelah perangkat Nexus Anda reboot akan menjalankan Android M preview. Anda tidak akan mendapatkan fungsi penuh, tetapi Anda akan mendapatkan tampilan yang baik pada apa yang orang lain tidak dapatkan.

Mudah-mudahan postingan ini dapat membantu Anda untuk merasakan Android 6.0 Marshmallow.
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.