Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Monday, December 9, 2013

Cara Mudah Recovery Situs yang Dihack oleh Malware atau Spam

 keamanan-situs
Salah satu dari beberapa keprihatinan atas webmaster adalah rasa ketidakamanan. Tidak peduli seberapa aman situs Anda, akan selalu ada celah yang memungkinkan program berbahaya dapat masuk ke sistem Anda dan dengan demikian memungkinkan mereka untuk menyuntikkan spam atau malware. Terlepas dari semua tindakan pencegahan yang terbaik dan paling praktis untuk dilakukan dalam kasus tersebut adalah memulihkan situs Anda secepat mungkin sehingga efek serangan dinetralisir/ diminimalkan. Dengan Google Webmaster Tools, kini Anda dapat mengambil langkah maju menuju yang lebih mudah dan lebih cepat untuk memulihkan situs Anda.

Help Portal
Tim Google Webmaster Tools telah bekerja untuk membuat layanan untuk memulihkan situs yang dihack menjadi lebih mudah dan untuk merampingkan proses pembersihan. Untuk tujuan ini, Portal Bantuan telah dibentuk. Ini berisi artikel dan tutorial yang benar-benar rinci dan sangat membantu setiap langkah proses pemulihan, beberapa disertai dengan video.

Selain itu, Google juga akan memberitahukan webmaster ketika software yang berjalan di situs Anda sudah outdate. Sebuah fitur baru juga telah ditambahkan ke Webmaster Tools yang disebut Security Issues (yang akan kita bahas di bawah).

Security Issues
Sesuai dengan perubahan baru yang dibuat dalam hal keamanan, Google Webmaster Tools telah menambahkan banyaknya fitur untuk webmaster yang sekarang juga meliputi:
  • Informasi rinci tentang isu-isu keamanan di situs Anda.
  • Ketentuan untuk menentukan masalah lebih cepat melalui potongan kode rinci.
  • Sebuah proses baru yang disederhanakan yang memungkinkan permintaan review untuk masalah dalam satu penawaran.
Catatan: Fitur ini tersedia hanya untuk situs yang telah diverifikasi dengan Google Webmaster Tools.

Informasi Lengkap Mengenai Masalah Keamanan
Pada halaman Security Issues di Google Webmaster Tools, Anda akan melihat semua aktifitas berbahaya yang terjadi pada website Anda termasuk spam dan malware yang telah disuntikkan oleh hacker. Anda dapat melihat semuanya dalam satu tempat. Informasi ini mencakup yang sebelumnya tersedia di bagian Malware, bersama dengan aktivitas spam. Pada halaman utama masalah keamanan, Anda dapat melihat jenis URL hacking, sample (jika tersedia), dan tanggal masalah saat terdeteksi.

 malware dan spam

Menunjukkan Masalah dengan Tepat
Setiap kali tersedia, Anda akan melihat HTML dan potongan kode JavaScript dari URL hack dan daftar tindakan yang dianjurkan untuk membuat Anda membersihkan jenis spesifik hacking yang telah diidentifikasi.

Request Review
Permintaan proses ulasan telah disederhanakan juga. Setelah Anda membersihkan situs Anda dan menutup lubang keamanan, Anda dapat meminta peninjauan untuk semua masalah dengan satu tombol klik dari halaman Security Issues.

Memiliki masalah? Periksa Google's Help Portal untuk website yang dihack yang sekarang tersedia untuk lebih dari 22 bahasa. Jangan lupa bagikan artikel ini jika Anda menyukainya. Semoga bermanfaat kawan.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.