Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Wednesday, October 2, 2013

Fitur Bing dan Yahoo yang Tidak Dimiliki Oleh Google

google-vs-bing-vs-yahoo
Kebanyakan kita berpikir Google sebagai penguasa internet di dunia. Dan itu bukan generalisasi belaka. Dari setiap 10 orang, 7 orang pasti menggunakan Google search. Dan jaringan Google yang mengintegrasikan tool-toolnya menjadikannya sebuah paket yang menakjubkan bagi penggunanya. Tapi di dunia ini tidaklah ada yang sempurna. Jika Bing telah mempertahankan beberapa pangsa pasar, dan jika Yahoo telah berhasil bertahan begitu lama, itu karena mereka menawarkan fitur yang tidak dimiliki oleh Google. Mari kita lihat mengapa 3 dari 10 orang mengabaikan Google dan menggunakan pilihannya sendiri.

Mengapa Orang Masih Menggunakan Bing?
Oke, mari kita mulai dari awal. Bing dalam kondisi saat ini bisa sama sekali tidak bersaing dengan Google secara hasil pencarian. Data Google telah dikumpulkan selama bertahun-tahun menjadi sangat besar. Jadi keduanya tidak bisa bersaing head-to-head. Tapi Bing memang memiliki sesuatu yang membuat saya berpikir tentang hal itu kadang-kadang.

Pertama, Estetika. Bing memiliki user interface yang lebih user-friendly dari Google, dan karena itu saja kadang-kadang menorong saya untuk tetap menggunakan Bing jika saya menggunakan Internet Explorer atau pada perangkat Windows Phone. Bing akan menampilkan beberapa pilihan di bagian bawah, dan kadang dalam bentuk slider (untuk gambar, video, dll) di bagian bawah untuk menunjukkan apa yang sedang tren.

bing-user-interface

Bing bahkan nyaman menampilkan riwayat pencarian saya, yang dapat membantu dengan mudah mengakses halaman terakhir yang saya kunjungi.

Hal terbaik tentang Bing adalah mungkin Gambar dan Video Searchnya. Dan saya cukup kagum dengan pencarian gambarnya. Bing dapat menafsirkan apakah Anda sedang mencari orang, tempat, atau benda. Anda kemudian dapat menggunakan pilihan ini untuk pencarian gambar secara efisien. Sama halnya untuk video, Anda dapat mencari video dengan menggunakan mesin pencari itu sendiri, seperti Google, dimana Anda harus masuk ke YouTube sebagai gantinya.

Fitur-fitur Bing tidaklah buruk kawan. Tapi seperti yang kita bahas, Google memiliki jumlah data dan pengalaman yang besar sedangkan Bing tidak.

Fitur Yahoo yang Tidak Dimiliki Google
Yahoo memberikan paket lengkap untuk penggunanya. Jika Anda lihat ke homepage Yahoo, Anda akan melihat koleksi peralatan yang dapat Anda gunakan. Karena iGoogle akan pensiun, homepage Yahoo akan memiliki lahannya untuk dirinya sendiri.

Yahoo saat ini sedang mencoba untuk bergerak lebih horizontal, karena tidak dapat bersaing secara vertikal dengan Google. Fitur lokal Yahoo membantu pengguna untuk menemukan bisnis lokal dan tempat-tempat di dekat lokasi mereka. Lalu ada Yahoo Answer, yang memiliki database Q&A terbesar di dunia. Dan jangan lupa Flickr, yang mana Picassa Google tidak dapat bersaing lagi.

Jadi sementara fitur ini mungkin tidak cukup kuat untuk meruntuhkan Googler dari Google, namun mereka yakin hal yang berbeda akan menghasilkan sesuatu yang besar pula. Semoga Anda menyukai tulisan ini. :D

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.