Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, September 5, 2013

Bagaimana Cara Mencantumkan/ Embeddable Postingan Facebook di Blogger

Embed Facebook Posts di Blogger
Sosial media untuk pengembangan website saat ini sudah menggelegar dan sekarang semakin terintegrasi dengan berbagai layanan. Rekomendasi sosial media kini telah menjadi jauh lebih penting jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Dan itu tidak mengherankan bahwa setiap jejaring sosial ingin Anda untuk berbagi konten di seluruh web. Untuk efek itu, Facebook dengan mengikuti jejak Youtube dan Twitter telah meluncurkan posting embeddable yang akan memungkinkan blog dan situs untuk berbagi status update, foto, dan video yang ada di Facebook.

Sebelum Anda dapat menanamkan postingan Facebook ke dalam blog, tentunya postingan itu harus di setting Public. Jika Anda menggunakan setingan privacy maka tidak akan bisa ditanamkan. Jadi, jika Anda mencoba untuk menanamkan postingan Anda sendiri, pastikan setingannya Public.

Cara Mencantumkan Postingan Facebook ke Situs Anda
Nah, ada dua metode untuk menanamkan postingan. Dengan opsi "Embed" dalam postingan Facebook dan menggunakan Configurator tool. Kedua metode ini akan menghasilkan kode yang dapat ditanamkan pada setiap platform atau situs web dan tidak hanya Blogger.

1.  Menggunakan Opsi "Embed"
Facebook memperkenalkan opsi ini dalam postingan Facebook. Jika Anda klik pada tanda panah drop-down yang ada di pojok kanan atas postingan facebook Anda, maka Anda akan menemukan opsi "Embed post".

embed post facebook

Jika itu sebuah foto, Anda akan melihat tombol Embed di bawah foto di tempat Anda biasanya menemukan opsi Download dan Remove. Setelah Anda meng-klik tombol itu, Facebook akan memberikan kode embed yang dapat Anda tambahkan di mana saja di dalam postingan blog Anda (gunakan section HTML bukan Compose).

2.  Membuat Embeddable Secara Manual
Dengan cara ini Anda akan sedikit lebih banyak melakukan pekerjaan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah Anda harus mengambil URL dari postingan Facebook Anda yang ingin Anda tanamkan. Untuk foto, Anda dapat dengan mudah mendapatkan URL-nya dengan meng-klik fotonya. Tapi untuk lainnya Anda perlu meng-klik pada timestamp postingan facebook (lihat gambar di bawah).

embed post facebook

Copy URL dari address bar Anda dan kemudian pergi ke Facebook Configurator tool. Paste URL Anda di kolom yang disediakan (URL of story). Setelah tool selesai me-load, klik tombol Get Code. Anda akan mendapatkan dua segmen kode yang terlihat seperti ini.

Facebook Configurator tool

Yang pertama adalah kode untuk JavaScript SDK. Anda mungkin sudah memasang kode ini jika Anda pernah membaca postingan saya mengenai cara memasang Facebook Like Box. Dalam beberapa kasus yang tidak berhasil, maka Anda dapat menyisipkan segmen kode pertama di mana saja dalam tag body Anda.

Setelah langkah di atas selesai, Anda dapat meletakkan kode pendek dalam segmen kedua di mana saja yang Anda inginkan untuk menampilkan postingan Facebook di website Anda.

Demo!
Di bawah ini adalah postingan Facebook saya yang telah saya tanamkan. Silahkan Anda periksa cara kerjanya!



Metode ini telah dicoba dan 100% bekerja di Blogger dan Wordpress. Jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami masalah, silahkan tuliskan di kotak komentar di bawah ini. Semoga Anda menyukai postingan saya ini. :)

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.