Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Friday, September 27, 2013

Apa dan Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Hashtag Secara Efektif

facebook-hashtag
Jika Anda menggunakan Twitter, maka Anda mungkin akrab dengan yang namanya #hashtag. #Hashtag pada dasarnya adalah kata atau frase yang diawali dengan tanda '#'. Hashtag ini pada dasarnya mengubah topik dan frase ke dalam link yang click-able. Twitter, Tout, identi.ca, Tumblr, Instagram, Flickr, Google+, semua mendukung hashtag. Baru-baru ini Facebook juga menambahkan dukungan untuk hashtag dan tentu saja banyak pengguna di luar sana tidak tahu bagaimana cara menggunakannya secara efektif. Konsep dasar sebenarnya diambil dari Twitter, jadi pengguna Twitter yang menggunakan Facebook tahu apa itu hashtag. Tapi bagi eseorang yang belum pernah menggunakan Twitter dalam hidupnya, hashtag bisa menjadi penuh teka-teki yang keren dari hari k  hari. Berikut adalah semua yang Anda perlu tahu tentang Hashtag Facebook.

Bagaimana Anda Menggunakan #Hashtag?
Hashtag mengubah topik menjadi link yang dapat diklik. Untuk menggunakan hashtag cikup tambahkan tanda '#' di depan kata atau frase. Contohnya:

"Menyambut pagi dengan #cinta dan #KasihSayang"

Ketika Anda mengklik hashtag, Anda akan melihat feed dari posting yang mengandung hashtag. Anda juga akan melihat beberapa hashtag terkait. Anda dapat mencari #hashtag menggunakan kotak pencarian di bagian atas halaman Facebook. Pada dasarnya Facebook hashtag mengkategorikan percakapan antara pengguna.

Traffic
#Hashtag, jika dipromosikan oleh individu bisa menarik lebih banyak orang yang melakukan diskusi daripada tanpa menggunakan hashtag. Hal ini dapat menyebabkan dampak yang mendalam pada SEO (Search Engine Optimization). Ini berarti bahwa jika Anda menggunakan hak #hashtag akan dapat meningkatkan lalu lintas ke postingan Anda. Misalnya, Anda menggunakan hashtag #IndonesiaJaya dalam postingan Anda. Postingan Anda akan terlihat (jika diijinkan) kepada semua pengguna yang mengklik atau mencari tag tersebut. Jadi #hashtag bisa disebut #traffic #magnet.

Memperkuat Brand Anda
Menggunakan hashtag adalah cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis, produk, acara khusus, dll. Semakin banyak pengguna mencari dan meng-klik #hashtag Anda, maka akan semakin banyak viewer yang Anda dapatkan. Tapi seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda harus menggunakan hak #hashtag untuk mencapatkan pencarian yang sesuai. Jumlah pencarian juga tergantung pada berbagai faktor lain seperti merek, dan jangkauan postingan, dll.

Lintas Platform Sosial
Jika Anda sudah pernah menggunakan hashtag di Twitter, Google+, Instagram, LinkedIn, atau Pinterest. Anda dapat penghemat waktu dengan bisa memposting konten yang sama di beberapa platform.

Menggunakan Hashtag Adalah Cara yang Tepat
1.  Usahakanagar tetap relevan
Menggunakan hashtag hanya demi mendapatkan lalu lintas benar-benar ide yang buruk. Dengan cara ini Anda bisa merusak reputasi Anda. Gunakanlah hashtag yang relevan, jika tidak maka user akan merasa terganggu oleh postingan Anda.

2.  Gunakanlah hashtag yang paling ngetren dan jelas
Pengguna mencari hashtag yang jelas dan paling tren, yang mereka pikir bahwa orang lain menggunakannya. Jadi, buatlah hashtag Anda jelas karena dengan ini Anda akan mendapatkan banyak lalu lintas. Yang terbaik adalah untuk menjaga hashtag Anda berdasarkan merek, lokasi, layanan, dll.

3. Gunakan yang sederhana
Hashtag Anda harus keren, sederhana, dan singkat. Anda harus memastikan bahwa orang dapat dengan mudah menghafal dan menulis tag tertentu. Misalnya Anda tidak bisa berharap bahwa seseorang akan ingat hashtag yang tidak masuk akal dan terdiri dari banyak kata. Jadi, yang terbaik adalah membuat hashtag Anda sesederhana mungkin.

4.  Hindari Spamming
Anda menyadari bahwa jika Anda melakukan spamming, itu akhirnya akan menyebabkan reputasi buruk bagi Anda. Sama halnya dengan menggunakan hashtag. Jika Anda menggunakan banyak hashtag dalam postingan Anda, Anda tidak akan mendapatkan perhatian, karena Anda akan terlihat seperti spammer. Dalam penelitian justru menunjukkan bahwa jika Anda menggunakan lebih dari dua hashtag dalam postingan, lalu lintas akan jatuh bukan naik.

5.  Mendefinisikan #hashtag
Jika Anda menggunakan hashtag tertentu untuk pertama kalinya, Anda harus menambahkan definisi hashtag itu. Hal ini memastikan bahwa jika seseorang mencari tag, dia akan tahu tentang apa tag ini. Anda dapat menambahkan definisi hashtag di 'http://www.hashtags.org'.

6.  Lakukan riset mengenai hashtag Anda
Akan sangat memalukan jika Anda menggunakan hashtag yang sudah dipakai oleh perusahaan lain atau orang untuk tujuan yang sama sekali berbeda yang tidak sejajar dengan pesan perusahaan mereka. Jadi, praktik terbaik adalah untuk melakukan sedikit riset sebelum menggunakan hashtag. Jika Anda ingin melacak atau menguji hashtag silahkan kunjungi 'http://www.hashtags.org'.

Kesimpulan
tag telah terbukti menjadi semacam virus dalam semua kasus di jejaring sosial. Namun, dalam kasus Facebook, nilai mereka belum didefinisikan karena beberapa orang menghargai hashtag Facebook dan beberapa orang mengatakan bahwa memperkenalkan hashtag Facebook sangatlah tidak berguna. Dampak dari hashtag ini masih belum diketahui. Jadi, akankah Anda mengadopsi kebiasaan menggunakan hashtag di Facebook?

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.