Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Friday, June 21, 2013

Perbedaan Antara Moz Page Authority dan Domain Authority

moz open site explorer
Sejak Yahoo Site Explorer ditutup pada tahun 2011, internet marketer telah mencari alat untuk analisis backlink yang mereka temukan di Moz Open Site Explorer. Kita sudah melihat bagaimana tren sudah memilah lebih ke arah Moz Domain Authority dari Google PageRank. Memang, sebagian besar ahli  SEO sekarang juga melaporkan statistik dari Open Site Explorer (OSE), seperti otoritas domain, Page Authority dll. Jadi, mengapa Anda harus mulai menggunakan OSE jika Anda belum menggunakannya? Mari kita lihat lebih dekat.

Open Site Explorer
Open Site Explorer (OSE) adalah mesin pencari yang melakukan crawling, indexing, dan melacak backlink ke setiap website. Ini memiliki triliunan URL dalam index dan setiap update bertujuan tidak hanya meningkatkan kecepatan dan efisiensi algoritma tetapi juga untuk mempertahankan kualitas backlink yang lebih tinggi dalam indeks sementara pada saat yang sama menghilangkan link berkualitas rendah. Sehingga indeks dapat disimpan, dikelola, serta berharga pada waktu yang sama.

OSE dapat digunakan untuk mengevaluasi data backlink untuk hingga empat situs pada saat yang sama. Untuk setiap situs tunggal, Anda dapat memeriksa metrik berikut.
  • Domain Authority
  • Page Authority
  • Linking Root Domains
  • Total Links
  • Facebook Shares
  • Facebook Likes
  • Tweets
  • +1s
(Catatan: Anda dapat memeriksa metrik link secara gratis di OSE tapi untuk metrik sosial Anda harus menjadi anggota Moz)

Satu hal yang saya suka tentang OSE adalah bahwa untuk setiap backlink Anda bisa melihat lokasi yang tepat dari link tersebut, serta judul dan anchor teks link tersebut. Hal ini juga akan memberitahu Anda ketika backlink adalah sebuah link nofollow. Dengan begitu, Anda dapat melihat di mana link Anda berasal, di mana untuk mendapatkan link yang rusak atau link tanpa anchor teks yang benar, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat melihat otoritas halaman dan otoritas domain untuk setiap link yang masuk ke situs Anda sehingga Anda dapat menganalisis tren dan tingkat backlink yan paling penting.

Page Authority vs Domain Authority
Page Authority dan Domain Authority adalah dua metrik terpenting yang dilaporkan oleh Open Site Explorer. Keduanya diukur pada skala logaritmik dari 0-100 yang berarti bahwa akan lebih mudah untuk pergi dari 10 sampai 20 daripada pergi dari 80-90. Metrik ini diperbarui sekali atau dua kali setiap bulan. Banyak ahli SEO menggunakan metrik ini dalam laporan mereka.

Domain Authority adalah ukuran dari seberapa baik sebuah website akan tampil di hasil pencarian. Ini adalah probabilitas seberapa baik setiap halaman web sewenang-wenang mengambil sebuah webpage dari sebuah situs yang akan diperingkat di SERP. Hal ini dihitung berdasarkan jumlah metrik, seperti total link, linking root domain, MozTrust dan MozRank, dll di antara 40 sinyal lain. Meskipun dapat digunakan untuk memantau kekuatan situs Anda dari waktu ke waktu, penggunaan yang lebih baik akan membandingkan situs Anda dengan kompetitor lain, karena OSE akan diperbarui begitu sering, dan Moz memakan waktu lebih dari 40 sinyal ke akun ketika komputasi Domain Authority. Jadi skor 40 hari ini tidak sama dengan skor 40 tahun yang lalu, atau tahun dari sekarang - itu adalah perubahan!

Page Authority, di sisi lain, mengukur kekuatan dari halaman web individu. Hal ini juga dihitung berdasarkan MozRank dan MozTrust, karena mereka bervariasi dari halaman ke halaman juga. DA tetap sama di seluruh situs (seperti Google PageRank), sedangkan PA untuk setiap halaman bervariasi.

Jadi, apa yang Anda pikirkan tentang metrikmu? Apakah Anda menggunakan itu ketika mengevaluasi situs Anda? Atau apakah Anda masih memilih Google PageRank dan Alexa Rank atas mereka? Tinggalkan tanggapan Anda di bagian komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat..!!

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.