Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Sunday, April 28, 2013

Mengganti Threaded Comments Dengan Google+ Comments Di Blogger

google plus comments
Anda mungkin sudah tahu dengan sistem komentar terbaru Google (Google+ Comments) yang telah diperkenalkan dan diintegrasikan dengan Blogger. Ini adalah sistem komentar terbaru yang merupakan perbaikan besar atas sistem standard Blogger dan mendukung threaded comment. Hal ini juga terlihat jauh lebih baik. Kami sebelumnya sudah menulis tentang bagaimana cara mengaktifkan Google+ Comments pada Blogger. Tetapi beberapa orang mungkin masih memiliki masalah untuk menerapkan sistem komentar terbaru ini pada custom template mereka. Pada tutorial ini, saya akan berusaha memberikan cara yang efektif dan mudah untuk menerapkan dan menggunakan Google+ Comments pada blog Anda.

Beralih ke Google Plus Comments
Untuk mengaktifkan Google Plus Comments pada blog Anda, pertama-tama Anda harus menghubungkan akun Anda ke akun Google+ Anda. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah berikut ini:
  • Masuk ke Dashboard Blogger Anda kemudian pilih blog yang ingin Anda hubungkan dengan Google+.
  • Klik tombol Google+ pada sidebar kiri
  • Klik tombol Get Started di sisi kiri atas untuk menghubungkan akun Anda. Tombol ini tidak akan muncul jika akun sudah terhubung.
  • Lalu ikuti instruksi mudah untuk menghubungkan blog Anda
  • Setelah terhubung, Anda akan melihat opsi Use Google+ comments on this blog. Centang pilihan ini untuk mengaktifkan sistem Google Plus comments.

aktifasi google+ comments

Itu semua untuk mengubah komentar Google Plus Anda pada default template. Tapi itu tidak akan bekerja untuk custom template. Untuk itu, Anda harus melakukan tweak kode sumber template Anda dan membuat beberapa perubahan seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

Menampilkan Komentar Google Pada Custom Template
Ada dua cara untuk melakukan ini. Anda juga bisa menggunakan cara yang mudah yaitu menggunakan pilihan Revert widget templates to default atau Anda bisa melakukan dengan mengedit kode sumber di template.

Cara 1 (Cara Paling Mudah)
Custom template adalah widget yang telah disesuaikan yang biasanya menggantikan pengaturan default. Dan itulah sebabnya sistem komentar ini mungkin tidak bekerja pada custom template. Namun jika Anda merubahnya dengan default maka sistem komentar google+ akan dapat ditampilkan tanpa hambatan.

Untuk melakukan itu, Anda dapat mengembalikan Widget Blog Anda ke setingan default dalam editor HTML template Anda melalui langkah-langkah berikut.
  • Dari dalam Dashboard blog Anda, klik Template di sidebar kiri.
  • Klik Edit HTML (sebelumnya back up dulu template Anda, hanya berjaga-jaga bila nanti ada kesalahan).
  • Klik pada tombol Revert Widget templates to default.
  • emudian pilih widget Blog1 pada daftar yang ada. Hati-hati dan jangan pilih yang lainnya karena akan mengembalikan widget menjadi default.

revert widget templates

Langkah itu tadi akan memecahkan masalah Anda bagi yang kesulitan memasukkan Google+ Comments di blog. Tapi, Anda akan kehilangan kostumisasi di Widget Blog Anda. Jadi jika ingin mempertahankan tampila widget Anda saat ini, maka saya akan menyarankan Anda menggunakan cara  kedua.

Cara 2 (cara alternatif)
Yang harus Anda lakukan adalah mengganti beberapa baris kode pada template dengan kode yang lain. Dari dalam editor HTML tekan Ctrl + F dan carilah "threaded_comments". Anda akan melihat serangkaian kode seperti di bawah ini.
<b:if cond='data:blog.pageType == & quot;static_page&quot;'>
   <b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
      <b:include data='post' name='threaded_comments'/>
      <b:else/>
      <b:include data='post' name='comments'/>
   </b:if>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == & quot;item&quot;'>
   <b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
      <b:include data='post' name='threaded_comments'/>
      <b:else/>
      <b:include data='post' name='comments'/>
   </b:if>
</b:if>

Perhatikan kode yang bercetak tebal, gantilah dengan kode di bawah ini.
<b:include data='post' name='comment_picker'/>

google+ comments

Masih tidak bekrja juga? Jika memang tidak bekerja mohon hubungi kami melalui kotak komentar di bawah ini agar kami dapat mengkoreksinya. Tapi kedua cara tersebut sudah berhasil saya terapkan di blog saya. Semoga berhasil... terimakasih. :)

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.