Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, April 11, 2013

Kenapa Google Search Lebih Cepat Dari Komputer Milik Anda?

kenapa google sangat cepat
Pernahkan Anda bertanya-tanya kenapa pencarian Google bisa secepat itu? Bila Anda memasukkan keyword pencarian di Google Search maka Anda akan melihat waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan hasil pencarian Anda dalam hitungan milidetik, bukan menit. Bagaimana bisa begitu cepat? Padahal mencari file di computer Anda atau Local Area Network bisa menghabiskan beberapa menit. Tentunya internet tidak bisa lebih cepat dari penyimpanan computer Anda sendiri. Itu pertanyaan yang benar-benar rasional dan saya yakin sebagian dari kita pernah memikirkan tentang hal itu. Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?
Untuk memahami jawaban atas pertanyaan ini, Anda harus terlebih dahulu memahami hal yang sangat mendasar tentang bagaimana cara kerja mesin pencari. Pada intinya, mesin pencari atau search engine terdiri dari Crawler dan Indexer.

Tugas Crawler adalah untuk menjelajah web secara harfiah. Menjelajah dari satu halaman ke halaman lain melalui hyperlink. Itu sebabnya jika Anda membuat sebuah website baru, membangun link untuk itu dari situs lain adalah cara cepat agar website Anda dilirik oleh Google daripada Anda mensubmit ke Google Index. Crawler dapat menjelajah ke setiap sudut website yang dapat diakses (jika terhubung dari halaman lain).

Setelah Crawler menemukan sebuah halaman, itu adalah tugas Indexer untuk mengindex konten halaman. Pengindexan berarti pengolahan dan parsing data pada halaman dan kemudian menyimpannya dalam statistik dalam bentuk yang lebih bermakna, yaitu sesuatu yang dapat dipahami sebuah mesin pencari dengan mudah. Data ini disimpan di search provider web server.

Jadi ketika Crawler menemukan halaman, Indexer akan memproses itu dan menyimpannya di server. Mesin pencari sekarang tidak ada lagi yang harus dilakukan dengan halaman yang dimaksud, kecuali memang ingin melakukan pencelajahan ulang (re-crawl) dan melakukan indexing ulang pada halaman yang dalam kasus update. Google meng-index halaman web setiap detik dan setiap hari, tergantung pada peringkat situs web. Sekarang bila pengguna memasukkan keyword pada mesin pencari, sebenarnya mesin pencari tidak benar-benar mencari web. Melainkan hanya mencari dari index yang ditemukan di server itu sendiri dan memunculkan hasil yang relevan.

Apa Lagi?
Jadi bagaimana, Google masih lebih cepat dari hard drive Anda kan? Nah, Google bukan mesin pencari terbaik tanpa alasan ini! Google mempekerjakan algoritma yang benar-benar efisien dan memiliki struktur data yang membantu dalam pengambilan data yang cepat. Google juga memiliki server yang besar dan hebat yang di dalamnya tersimpan semua data index. Kekuatan komputasi dari mesin ini juga sangatlah besar, tidak seperti mikroprosesor desktop biasa seperti milik Anda. Jadi ketika semua faktor di atas digabungkan Anda akan melihat kecepatan search engine Google jauh lebih cepat daripada hard drive computer Anda.

Ada cara untuk mempercepat pencarian untuk hard drive Anda juga. Dengan menerapkan prinsip yang sama dengan Google yaitu pengindexan, maka kita akan menemukan file dan konten lebih cepat. Windows XP, 7, dan 8 memiliki drive manager yang sudah built-in dan memberikan pilihan untuk melakukan defragment dan mengindex hard drive Anda. Ini akan mengoptimalkan hard drive Anda dan membuat pencarian lebih cepat. Windows 7 dan seterusnya telah mencoba menerapkan ini secara default juga. Itulah sebabnya mengapa Anda dapat menulis apa pun di kotak pencarian yang berada pada tombol Start dan melihat hasil pencarian dan akan ditampilkan seketika. Ini telah diterapkan melalui Windows Search Index. Oleh karena itu, pengindeksan adalah kata kunci untuk mempercepat pencarian.

Apakah Anda menyukai postingan ini? Selahkan bagikan dengan teman-teman Anda dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah.

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.