Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Thursday, April 25, 2013

Beberapa Kekurangan Bila Mengaktifkan Google+ Comments Di Blogger

google plus comments
Integrasi Google Plus Comments dengan Blogger sudah mengubah sedikit pengalaman blogging Anda dan banyak blogger telah menerapkannya. Hal ini tampaknya menjadi salah satu perbaikan terbesar di Blogger saat ini. Dan pada pandangan pertama terlihat cukup baik dengan implementasi yang bersih dan padat. Itu membuat semua hal menjadi sangat mudah, terutama bagi blogger yang dapat melacak percakapan dengan mudah. Pada saat yang sama, pembaca dapat berkontribusi langsung dari Google Plus tanpa perlu membuka blog. Namun, setelah diamati lebih dekat, tampaknya bahwa implementasi baru bukan tanpa kekurangan.

Sudah beberapa hari sejak fitur ini keluar, banyak waktu bagi kita untuk bermain dengan itu. Dan memang tampaknya ada beberapa kelemahan menggunakan sistem komentar baru ini. Dan kali ini saya akan membahas mengenai kekurangan dari Google+ Comments. Silahkan Anda simak!!

Kekurangan Menggunakan Google+ Comments di Blogger
Pertama, untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus menggunakan ID akun Google mereka yang dapat menjadi sedikit masalah bagi pembaca yang menggunakan alternatif lain seperti Facebook.

Tapi masalahnya sebenarnya terletak pada kenyataan bahwa sistem komentar tergantung pada URL blog Anda. Jika Anda mengubah URL, misalnya ketika Anda bermigrasi ke domain lain atau re-branding, Anda tidak mampu memindahkan di komentar ini dan mereka akan dihapus! Tidak seperti Facebook Comment API, Google Comments tidak disimpan pada akun app. Dan karena itu, Anda akan kehilangan semua komentar.

Kelemahan lainnya adalah peningkatan di Page Load Speed atau kecepatan loading blog/ website Anda. Butuh beberapa waktu sebelum semua data diambil dari Google. Biasanya memang hal ini tidak terlihat tapi cobalah untuk me-load blog Anda pada koneksi yang lambat, maka Anda akan melihat komentar orang-orang akan muncul lama sekali. Beberapa orang juga melaporkan bahwa statistik komentar tidak lagi akurat. 

google plus comments

Jadi, sistem komentar baru yang dibuat Google ini memang cukup baik, namun Google juga perlu untuk menghabiskan banyak waktu untuk membenahi semua itu. Jika Anda memiliki saran silahkan berkomentar di bagian bawah. Salam Blogger! :)

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.