Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Friday, February 1, 2013

Haruskah Menghapus Backlink Untuk Menghindari Hukuman Google Penguin?

google penguin
Google Panda dan Google Penguin adalah beberapa update algoritmik Google yang terkenal yang pernah dibuat. Mereka telah telah mempengaruhi jutaan website dan blog, dan saat ini masih bekerja untuk melahap setiap situs web yang menggunakan malpraktik. Kami telah berkali-kali membahas tentang bagaimana untuk menghindari hukuman dari update algoritma tersebut. Dan di dalamnya, kami telah berbicara banyak tentang minat Google pada link Anda, baik itu link out atau link in. Hal ini membuktikan bahwa Google kini lebih berkonsentrasi dan memperhitungkan kualitas dari link dari pada kuantitas.

Hukuman Google Penguin
Hal ini secara luas dipahami bahwa Google tidak hanya melihat link masuk, tetapi juga link keluar. Jika salah satu dari mereka memiliki kualitas rendah, maka Google memberikan penalti. Nah, ini cukup benar. Google lebih sensitif terhadap kualitas hari ini. Tapi haruskah Anda menghapus link Anda untuk menghindari hukuman Google? Saya pun menulis Artikel ini juga bingung karena beberapa sumber mengatakan demikian. :(

Hal yang pertama, penting untuk menentukan apakah Anda telah dihukum atau tidak. Sebenarnya, Google Panda dan Penguin hanyalah update algoritma. Ini berarti bahwa dengan mereka, Google mengubah cara pandang dan pemberian peringkat pada website, dan bagaimana Google memandang link. Sementara update minor tidak menjadi perhatian untuk webmaster, itu adalah perombakan utama yang menggelincirkan traffic. Tapi ketika hal ini terjadi, itu sebenarnya bukan penalti. Sebuah penalti adalah ketika Google mengambil beberapa tindakan manual terhadap situs Anda. Pembaruan ini hanya membuat Google mengambil rute yang berbeda. Tapi itu tidak berarti Anda sudah dihukum.

Untuk memeriksa apakah Anda sudah dihukum, Anda harus berkonsultasi dengan forum SEO, seperti SEOchat, untuk melihat apakah Google telah meluncurkan beberapa update. Jika itu terjadi, Anda harus mengadopsi strategi yang berbeda dari strategi ketika Anda dihukum.

Apakah Menghapus Backlink Adalah Langkah Selanjutnya?
Jika Anda sudah dihukum, maka Anda akan menemukan Webmaster Tool Anda penuh dengan pesan yang berisi informasi mengenai pelanggaran oleh situs Anda. Mulailah dengan yang pertama. Jika ada pesan tentang link out terlalu banyak, maka Anda harus menghapusnya sekaligus, dan mengajukan laporan peninjauan kembali.

Memberikan backlink terlalu banyak sementara Anda hanya memiliki sangat sedikit link in, ini adalah salah satu sebab yang dapat menarik perhatian Google. Jika Anda telah terkena update Google, tetapi Anda memiliki rasio backlink yang wajar, maka Anda harus memeriksa postingan lain. Jika tidak, Anda dapat mulai menghapus link tersebut sekarang yang Anda pikir berkualitas rendah.

Kesimpulan!
Namun, perlu dicatat bahwa menghapus link-link ini tidak terlalu penting. Yang lebih penting adalah  lakukan saja trik-trik SEO yang biasanya Anda lakukan. Dan dapatkan backlink yang berkualitas, kemudian mulailah untuk mengurangi link out pada website Anda. Itu hanya saran saja, jika ada yang kurang, lakukanlah langkah itu sesegera mungkin. Jadi jangan membuang-buang waktu Anda hanya untuk mencoba mencari backlink untuk dihapus, berkonsentrasilah pada apa yang Anda harus lakukan untuk saat ini. Semua itu yang terbaik.. :D

Keep blogging!! :P

Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.