Terbaru: Optimasi URL Blog | 10 Tips Mempercepat Blog Load | 30 Strategi SEO | 15 Rahasia Menulis Konten

Saturday, January 19, 2013

Aktifkan Postingan Lama Untuk Meningkatkan Traffic Website

Apakah posting blog lama Anda sudah bertumpuk debu di arsip Anda? Ini adalah masalah yang sangat umum pada banyak blogger. Tidak peduli berapa banyak usaha yang Anda lakukan pada postingan Anda pada akhirnya akan tenggelam ke dalam arsip Anda dan tertutup posting blog baru. Dan kadang-kadang jika postingan mereka tidak muncul dalam hasil search engine, postingan mereka akhirnya akan dilupakan. Jadi semua kerja keras Anda akan menjadi sia-sia. Kalau saja Anda bisa memunculkan kembali postingan lama blog Anda untuk mendapatkan manfaat yang lebih, kenapa tidak Anda lakukan? Dengan sedikit sentuhan dari trik SEO dan beberapa cara lain, Anda dapat meniupkan kehidupan baru ke dalam postingan lama Anda. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan postingan lama Anda untuk meningkatkan traffic website Anda.

Link Ke Posting Lama
Pertama dan terpenting, buatlah link ke posting Anda yang lama yang berhubungan dengan apa yang Anda bahas dalam postingan Anda saat ini. Anda dapat melihat bahwa saya sudah melakukan ini dalam posting ini. Tidak hanya ini, praktek SEO yang baik juga memberikan paparan ke posting lama Anda. Tanpa interlinking ini, posting lama Anda hanya akan menjadi postingan yang berdiri sendiri  dan pada akhirnya akan dilupakan dilupakan. Interlinking juga membuat pengunjung terlibat dalam website Anda. Jika ada pengunjung yang membaca posting Anda dan ia menemukan sesuatu yang menarik pada link yang Anda buat, ia mungkin mengunjungi link itu juga. Maka lalu lintas akan mengalir mulus di dalam blog Anda. Interlinking juga menunjukkan kepada orang bahwa Anda memiliki banyak konten lain di situs Web Anda.

Tindak Lanjut dan Berkesinambungan
Cara lain yang baik untuk menjaga posting lama Anda tetap hidup adalah melakukan tindak lanjut  atau update dari postingan yang lama. Ini bekerja seperti kelanjutan dan update dari posting yang lama dengan beberapa ide-ide atau konsep baru. Sebagai contoh misalnya kami menerbitkan posting tentang Google Panda yang diluncurkan tahun 2011 ketika itu menghantam banyak situs di seluruh web. Setelah lebih dari setahun, ketika update algoritma Google berikutnya datang, kita membuat posting baru atau lebih tepatnya sebuah seri baru pada Google Panda dan Google Penguin yang berkaitan dengan posting tahun sebelumnya. Apabila hal itu dilakukan maka tidak menutup kemungkinan postingan lama Anda yang berkaitan dengan Google Panda akan dikunjungi juga.

Manfaatkan Sidebar dan Widget
Cara lain untuk menampilkan posting lama Anda adalah dengan menampilkannya di sidebar Anda. Kebanyakan blogger menggunakan widget untuk menampilkan posting mereka yang paling populer, atau posting yang baru. Anda dapat melakukan ini untuk postingan lama Anda. Mengambil postingan tang sudah tua dan menampilkannya di bagian fitur untuk beberapa waktu akan menjadi cara efektif untuk meningkatkan traffic website Anda. Pengunjung yang suka blog Anda juga mungkin akan segera check out dari posting Anda yang tidak terlihat karena memang sudah terlalu lama. Para pengunjung hanya akan menyambut konten-konten yang baru bagi mereka. Orang-orang jarang mengunjungi ke postingan lama Anda secara manual. Jadi tugas Anda yang harus menunjukkan kepada mereka.

Membuat Halaman Sumber
Sebuah halaman sumber adalah semacam halaman rekomendasi, di mana Anda membuat daftar semua postingan dan menghubungkan seseorang yang membutuhkan sesuatu. Misalnya, halaman sumber untuk pemula WordPress akan mencakup hal-hal seperti panduan memulai WordPress, pasang di panduan instalasi, pasang di review, rekomendasi untuk tema dan plug-ins, download plug in, dan sebagainya. Maka, hubungkan segala sesuatu yang berhubungan dengan WordPress.

Halaman sumber memberi Anda kesempatan yang sangat baik untuk membuka posting lama Anda. Anda bisa menulis beberapa posting baru dan membuat halaman sumber yang baru secara keseluruhan di mana Anda dapat menambahkan posting lama juga. Kemudian, Anda dapat meminta orang untuk mengunjungi halaman ini untuk panduan dan hal-hal lainnya. Jika itu adalah sebuah halaman WordPress, saya akan menuliskan sesuatu seperti "Jika Anda butuh bantuan tentang WordPress, kunjungi halaman ini untuk panduan Wordpress lengkap" dan seterusnya.

Promosikan Pada Media Sosial
Sosial media merupakan tempat yang bagus untuk melahirkan kembali posting lama Anda. Terus terang, tidak ada orang yang murah hati yang bersedia untuk mengunjungi semua posting yang pernah Anda buat. Bahkan walaupun mereka telah menjadi follower Anda dari awal. Hal itu sangat tidak mungkin. Jadi dengan media sosial, kemungkinan bahwa sebagian besar orang belum melihat adanya postingan awal Anda. Maka, Anda dapat menyebarkan posting lama Anda lagi dengan membagikannya satu per satu. Dengan begitu, tidak hanya akan meningkatkan traffic website Anda tapi juga akan terlihat seolah-olah Anda telah mempublikasikan posting yang lebih banyak dari biasanya.

Link ke Posting Newsletter (Jika Anda Menyediakan)
Selain media sosial, Anda juga dapat memberitahu pembaca Anda tentang posting lama Anda melalui newsletter email, jika Anda memiliki. Kami merekomendasikan Anda untuk melakukannya jika memungkinkan. Jika seseorang telah setuju untuk menerima newsletter dari Anda secara teratur, kemungkinan mereka juga tertarik pada konten yang tidak mereka temukan pada halaman depan blog Anda.

Jika Anda mengikuti semua langkah di atas, maka tidak ada perlu khawatir tentang posting lama Anda yang mulai berkarat. Apabila ada beberapa masukan, jangan segan-segan untuk menuliskan pada kotak komentar di bawah ini.
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengunjung pada blog dan website Anda. :)
Author: Balaputra
Balaputra adalah seorang mahasiswa yang melakukan aktivitas blogging hanya untuk menghabiskan waktu luang.